Kanker Limfoma Hodgkin, Kenali Lebih Dekat Yuk

Kanker Limfoma Hodgkin, Kenali Lebih Dekat Yuk

206
0
BAGIKAN

Vems, sudah pernah dengar tentang kanker Limfoma Hodgkin? Mungkin istilah tersebut terdengar asing ya di telinga. Tapi kanker kalenjar getah bening pastinya terdengar lebih familiar kan? Nah, kanker Limfoma Hodgkin sebenarnya adalah nama ilmiah dari kanker kalenjar getah bening. Dan seperti jenis kanker lainnya, kanker ini juga bisa berpotensi menjadi ganas dan mengancam nyawa lho. Apalagi, jika terlambat diberikan medical treatments. Makanya penting banget buat mengetahui apa saja penyebab dan juga gejala dari kanker yang menyerang organ vital yang bertanggung jawab terhadap kekebalan tubuh ini. 

  • Penyebab Kanker Limfoma Hodgkin 

Kalenjar getah bening adalah salah satu kalenjar yang bertanggung jawab menjaga sistem kekebalan tubuh, dan juga bertanggung jawab dalam membantu proses pembuangan limbah keluar dari dalam tubuh. Terpicunya kanker ini disebabkan oleh perkembangan sel-sel darah putih tipe B yang tidak terkendali dan menjadi liar dengan membunuh sel-sel tubuh yang sehat.  

Siapa saja bisa terkena kanker ini. Tapi yang paling berisiko adalah kaum pria dengan rentang usia sekitar 20 – 70 tahun. Selain itu penyandang penyakit yang menyerang sistem imun tubuh seperti HIV juga memiliki resiko yang cukup besar. Kemunculan sel-sel liar tersebut juga bisa muncul gara-gara treatment kemoterapi bagi penderita kanker sistem limfa (limfoma non-Hodgkin). Faktor genetik dan juga masalah obesitas juga turut berperan lho.  

025245400_1477545121-kanker_getah_bening (A)

  • Gejala Limfoma Hodgkin 

Ladies wajib waspada jika Anda merasakan adanya benjolan yang muncul di daerah leher, ketiak, serta pangkal paha. Dan sama seperti jenis benjolan pada penyakit kanker pada umumnya,benjolan pada kanker limfoma hodgkin juga tidak terasa sakit saat ditekan. Dan karena kanker ini menyerang langsung sistem kekebalan tubuh, Ladies juga bakal merasakan gejala-gejala lainnya. Antara lain: 

  • Demam tinggi hingga mengakibatkan tubuh Anda menggigil 
  • Berkeringat dingin di malam hari 
  • Mudah sekali merasa lelah 
  • Penurunan nafsu makan 
  • Berat badan turun drastis hingga 10 persen dari berat badan awal  
  • Gatal-gatal  
  • Batuk yang tidak kunjung sembuh 
  • Terjadi pembengkakan di bagian organ limpa atau/dan hati 
  • Nyeri di punggung bagian bawah. 

Semakin cepat kanker limfoma hodgkin terdiagnosis, semakin besar pula kemungkinan Anda bisa sembuh dari penyakit ini. Jangan lupa untuk rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat kaya akan zat antioksidan dan rendah gula untuk memperkecil kemungkinan terbentuknya sel kanker. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda, Ladies.  

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR