Berbagai Fungsi Anggota Tubuh yang Jarang Diketahui

Berbagai Fungsi Anggota Tubuh yang Jarang Diketahui

19
0
BAGIKAN

Tubuh dan berbagai anggotanya tentu diciptakan dengan setiap fungsi masing-masing. Tangan, kaki, kepala, dan anggota tubuh eksternal lainnya tentu telah dikenal manusia sebagai bagian dari pengetahuan dasar sejak dini. Bagian dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, usus, sebaliknya, dipelajari secara lebih mendetail di cabang ilmu pengetahuan alam seperti biologi. Di luar anggota tubuh yang Anda kenali selama ini, Vems, rupanya banyak terdapat anggota tubuh yang jarang diketahui nama dan fungsinya.

Kutikula, misalnya, merupakan bagian kulit di tepi bawah kuku yang lebih tebal dari kulit di sekitarnya. Sayangnya, sebagian orang suka menyingkirkan kutikula dengan cara dipotong agar terlihat cantik dan rapi. Faktanya, hal tersebut justru salah-kaprah karena area kulit mungil di sekitar kuku tersebut berfungsi melindungi kuku dari infeksi. Saat kutikula dikelupas, kulit akan mudah terluka dan berisiko mempermudah bakteri serta jamur menyelinap masuk ke dalam kulit.

Bagian tubuh lainnya yang tak kalah sering disepelekan ialah tragus dan antitragus. Kedua bagian eksternal telinga yang berupa kulit yang menonjol ke luar tersebut berguna untuk menyalurkan suara agar masuk secara jernih ke gendang telinga. Tonjolan lainnya di tubuh yang tak jarang diremehkan ialah uvula. Benda menggantung seperti buah anggur berwarna merah jambu yang terletak di saluran antara mulut ke kerongkongan manusia.

Daging lunak yang menggantung di langit-langit mulut bagian belakang tersebut berfungsi menghentikan makanan agar tidak naik ke hidung saat menelan. Bentuknya yang kecil tak hanya berfungsi memblokir makanan ke hidung, tapi juga membantu menyalurkan makanan ke kerongkongan. Menariknya, bagian dalam uvula merupakan kelenjar yang berfungsi mengatur intensitas cairal ludah yang berguna membasahi bagian dalam mulut secara teratur maupun membantu proses pencernaan makanan.

Tahukah Anda, Vems, bahwa tulang hyoid merupakan satu-satunya tulang di tubuh manusia yang tidak terhubung dengan tulang lainnya? Alih-alih dikelilingi sesama tulang, tulang hyoid justru dikelilingi otot yang terletak di tenggorokan di atas kelenjar thyroid. Tulang yang berbentuk lengkungan tersebut berfungsi membantu gerakan lidah saat menelan serta memberikan rentang suara yang luas pada manusia.

Masih di seputar mulut, terdapat anggota tubuh bernama frenum atau frenulum. Jenis pertama yakni frenum labial yang merupakan sambungan daging antara bibir atas dan gusi. Selanjutnya, terdapat frenum lingual yang merupakan sambungan daging antara lidah dan rongga mulut bagian bawah. Kedua frenum yang tidak normal akan mempengaruhi gerakan lidah dalam melakukan fungsi menghisap, makan, membersihkan makanan dari gigi dan rongga mulut, menelan makanan, hingga berbicara.

Saat marah maupun berpikir keras, manusia biasanya menunjukkan mimik wajah tertentu yang diiringi dengan kerutan di dahi. Kerutan yang jarang diketahui namanya tersebut rupanya disebut dengan glabella dalam istilah medis. Nama glabella pada kerutan kulit di dahi di antara kedua alis dan di atas hidung tersebut berasal dari otot glabella yang berada di bawah kulit di area tersebut yang berfungsi membantu gerakan alis dan dahi.

Lunula merupakan bagian berwarna putih menyerupai bulan sabit di bagian pangkal kuku manusia. Tampilan lunula dipercaya dapat menunjukkan penyakit yang diidap seseorang. Tidak adanya lunula pada jari telunjuk konon berarti adanya gangguan usus. Tidak adanya lunula pada jari tengah, sebaliknya, menunjukkan adanya masalah kesehatan pada tekanan arteri. Tidak adanya lunula di jari manis menunjukkan adanya gangguan pada sistem endokrin.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR