Fakta Menarik Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia

Fakta Menarik Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia

401
0
BAGIKAN

Light Up 2018, pertunjukan cahaya di Burj Khalifa, menjadi atraksi malam pergantian tahun yang meraih penghargaan bergengsi di Guinness World Records. Tak hanya menerangi langit Dubai, gemerlap aneka warna tersebut juga bisa disaksikan hingga ke penjuru negeri karena menara tertinggi di dunia itu dapat terlihat hingga sejauh 92 kilometer. Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 4 Januari menandai ulang tahun ke-8 Burj Khalifa.

Salah satu fakta menarik Burj Khalifa ialah bahwa desain menara tersebut terinspirasi dari Spider Lily, bunga gurun yang tumbuh di wilayah setempat. Uniknya, begitu memasuki gedung setinggi 160 lantai tersebut, Anda tidak akan disambut dengan check-in desk seperti umumnya gedung pencakar langit. Skyscraper yang satu ini memang tidak memiliki meja resepsionis untuk membuat Anda serasa memasuki rumah pribadi Giorgio Armani.

Armani memang menempati posisi istimewa di Burj Khalifa. Gedung tersebut merupakan rumah bagi Armani Hotel yang pertama di dunia. Di lantai 9 hingga 16 dari gedung itulah terletak hunian mewah Armani Residences. Setiap apartemen tentu saja bisa didesain dengan interior elegan nan high-end. Selain menikmati panorama sekitar lewat menara Burj Khalifa, Ladies juga bisa melakukan perjalanan air mengelilingi Burj Lake dengan menaiki kapal cruise selama 30 menit dengan menggunakan abra atau taksi air.

Berdiri di area seluas 0,17 juta meter persegi kawasan hunian dan 28 ribu meter persegi kawasan perkantoran, Burj Khalifa dilengkapi dengan fasilitas kesehatan, 4 kolam renang, dan 2 observation decks. Lobi di kawasan hunian memiliki instalasi bertajuk World Voice yang terdiri dari 196 buah simbal dengan aliran air yang tercurah di atasnya. Burj Khalifa juga menjadi rumah bagi galeri seni tertinggi yang memajang karya lebih dari 85 seniman. Karya seni lainnya di Burj Khalifa ialah pahatan batu karya seniman Mesir Karim Rashid yang menghiasi pintu masuk gedung perkantoran.

Pembangunan Burj Khalifa secara keseluruhan membutuhkan tenaga 12.000 pekerja untuk mewujudkan gedung dengan 2.909 anak tangga tersebut. Burj Khalifa menjadi salah satu denyut kehidupan di tengah kawasan perkotaan Dubai di sekitarnya. Beberapa keunikan lainnya di Burj Khalifa ialah soundtrack khusus yang dimainkan di lantai puncak maupun aroma elegan semerbak yang terdiri dari 18 wangi berbeda menyelimuti sebagian area gedung.

Sebagai gedung pencakar langit yang konon paling banyak diambil fotonya di dunia tersebut, proses konstruksi Burj Khalifa dulunya menggunakan crane terbesar di dunia dengan kapasitas yang mampu mengangkat beban hingga 25 ton. Dibangun selama 6 tahun sejak 2004 hingga 2010, desain menara Burj Khalifa dicetuskan pertama kali oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktour. Dari keseluruhan 160 lantai, terdapat total 304 hotel dan 900 apartemen dengan desain berkelas yang tentunya tak boleh Anda lewatkan sebagai salah satu destinasi wisata unik di kawasan Timur Tengah.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR