A-Z Serba-serbi Prospek Pekerjaan Lulusan Sastra

A-Z Serba-serbi Prospek Pekerjaan Lulusan Sastra

8
0
BAGIKAN

Setiap orang tentu memiliki karakter masing-masing, demikian juga dengan bakat dan minat yang berbeda. Hingga kini, jurusan kuliah di bidang eksakta masih menduduki peringkat popularitas teratas. Meski demikian, Vems, tak berarti jurusan sosial maupun bahasa dan sastra di perguruan tinggi tidak menjanjikan masa depan cerah bukan? Apakah Anda pernah mengalami menjadi mahasiswa lulusan sastra yang bingung saat ditanya hendak bekerja apa nantinya sesudah lulus? Jangan khawatir, Vems, daftar karir seru dan menjanjikan berikut ini bisa menjadi alternatif prospek pekerjaan lulusan sastra.

Faktanya, Ladies, pengetahuan mengenai ilmu bahasa dan sastra sekaligus membuat para lulusan sastra dianugerahi fleksibilitas untuk bekerja di banyak bidang. Menjadi sastrawan, misalnya. Sudah berapa banyak sastrawan yang sukses berkat tulisan mereka? Karir menjadi novelis, cerpenis, prosais, esais, hingga kritikus sastra menanti di depan Anda, Vems. Manfaatkan ilmu bahasa Anda untuk berkarir di bidang penerjemahan. Penerjemah merupakan profesi yang bisa Anda lakukan di rumah atau di instansi tertentu yang memerlukan bantuan menerjemahkan dokumen ke bahasa asing. Interpreter, sebaliknya, lebih sesuai bagi Anda yang gemar berpergian maupun bertemu dengan banyak orang.

Ahli bahasa merupakan profesi yang bisa diandalkan bagi lulusan sastra, terutama yang memilih konsentrasi linguistik. Pekerjaan yang hingga kini masih kurang populer di Indonesia ini bertugas meneliti pembentukan kata dalam sebuah bahasa dengan memanfaatkan ilmu morfologi, meneliti interaksi unsur-unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antar bahasa berbeda. Selain itu, manfaatkan juga ilmu linguistik Anda untuk menjadi tenaga pengajar, mulai dari guru sekolah dasar, menengah, hingga dosen perguruan tinggi yang tentunya membutuhkan gelar magister.

Bosan jadi pengajar? Leksikografer bisa jadi pilihan pekerjaan lulusan sastra nan anti-mainstream. Pekerjaan keren Anda nantinya meliputi menulis, menyusun kompilasi, hingga mengedit kamus dalam bentuk cetak maupun online. Selain menelurkan berbagai jenis kamus seperti kamus bahasa asing, kamus istilah khusus, hingga kamus pelajar, Ladies juga akan berkutat dengan tugas monitoring dan merekam database bahasa.

Booklovers, menjadi pustakawan tentu akan terasa layaknya pekerjaan impian. Anda tentu sepakat bahwa berkecimpung di antara rak buku dan meja perpustakaan sembari mengatur, mengolah, dan mengevaluasi katalog buku hingga melayani pengunjung perpustakaan itu menyenangkan. Untuk pekerjaan yang lebih menantang di dunia perbukuan, Anda bisa menjajal menjadi seorang editor. Tak hanya mengatur buku, Anda juga bisa menyunting dan membantu para penulis membuahkan buku-buku dengan kualitas editing yang bermutu.

Anda suka menulis? Hobi Anda juga bisa menjadi pundi-pundi Rupiah lewat karir menjanjikan sebagai jurnalis, copywriter, maupun content writer. Tak sedikit lulusan sastra yang bekerja menjadi jurnalis, tentunya dengan memanfaatkan penguasaan teknik menulis yang mumpuni. Dengan tugas serupa, seorang content writer akan menulis konten untuk laman internal sebuah situs. Copywriter, sebaliknya, menulis naskah iklan perusahaan yang akan disiarkan di berbagai media dengan tujuan menarik customer. Perkembangan startup yang kian pesat juga menjadi kesempatan emas tersendiri bagi lulusan sastra seperti Anda.

Mirip dengan pekerjaan jurnalis, lulusan sastra juga bisa terjun langsung terjun di dunia pertelevisian atau production house. Skill bahasa yang Anda kuasai akan membantu Anda bekerja di dunia hiburan, pertelevisian, hingga layar lebar. jadi, Vems, masih bingung mau bekerja di mana sebagai seorang lulusan sastra?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR