Cara Terbaik Meminimalisir Dampak Bercerai Terhadap Anak

Cara Terbaik Meminimalisir Dampak Bercerai Terhadap Anak

6
0
BAGIKAN

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan pemberitaan mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang diberitakan menggugat cerai istrinya yaitu Ibu Veronica Tan. Berita tersebut tentu saja langsung menggegerkan banyak pihak. Bagaimana tidak, bahtera rumah tangga dari pasangan ini sudah berlangsung selama 20 tahun dan mereka selalu terlihat harmonis. Bahkan ketika pada akhirnya Ahok dijebloskan ke dalam penjara pun, Veronica tetap terlihat tegar dan suportif terhadap suaminya. Ditambah lagi belum jelas apa alasan Ahok melayangkan surat pernyataan cerai terhadap istrinya tersebut.

Perceraian adalah keputusan yang paling tidak disukai oleh semua orang, karena tiap dari kita menginginkan rumah tangga yang langgeng dan harmonis hingga ajal memisahkan, kan? Perceraian juga pastinya melukai kedua belah pihak, namun yang paling terluka adalah selalu anak-anak. Menyaksikan kedua orangtuanya tidak lagi bersama bisa berakibat anak menjadi shock hingga bahkan ia menunjukkan perubahan perilaku ke arah negatif. Apa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak melewati fase sulit ini?

  • Dengarkan dan Hargai Perasaan Mereka

Tidak semua anak bisa mengekspresikan emosi mereka saat Anda memutuskan untuk bercerai. Tapi yang pasti, mereka akan merasa sangat heartbroken. Ketika mereka mengutarakan kesedihan dan kecemasan yang dirasakan, dengarkanlah mereka dengan baik. Berikan validasi terhadap perasaan mereka, bahwa apa yang mereka rasakan saat ini adalah hal yang wajar.

Ajaklah komunikasi anak yang cenderung menyembunyikan perasaannya. Hal ini sangat penting untuk membantu anak melalui masa sulit tersebut tanpa mengakibatkan resentment yang bisa berujung pada perilaku negatif.

.3178 Cara Terbaik Meminimalisir Dampak Bercerai Terhadap Anak (A)

  • Selalu Ada Untuk Anak

Anda dan pasangan mungkin sudah tidak lagi berstatus suami-istri, namun bagi sang anak, Anda tetaplah kedua orangtuanya. Sangatlah penting untuk meyakinkannya bahwa terlepas dari perpisahan antara Anda dan pasangan, ia masih akan memiliki Anda berdua. Mungkin masing-masing dari Anda bisa meluangkan waktu di akhir pekan untuk berwisata bersama, atau bergiliran mengambilkan rapor sekolah. Dengan demikian, anak Anda tidak perlu khawatir ia akan kehilangan sosok ayah atau sosok ibu dalam hidupnya.

  • Singkirkan Cekcok Hak Asuh

Kesalahan besar yang paling sering dilakukan oleh orangtua adalah merebutkan hak asuh di hadapan anak. Anak Anda sudah cukup shock dengan berita perceraian Anda, dan mendengar orangtuanya bertengkar memperebutkannya adalah satu hal lain yang paling tidak ia inginkan. Anda bisa mengatur soal hak asuh di hadapan pengacara Anda, tapi jangan pernah membahasnya di hadapan anak Anda.

Perceraian adalah hak masing-masing pelaku rumah tangga, and sometimes it is for the best. Tapi terlepas dari itu, ada baiknya kita mulai melek dengan efek perceraian terhadap anak.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR