Di Balik Beihai; Kota Mewah yang Terlupakan

Di Balik Beihai; Kota Mewah yang Terlupakan

57
0
BAGIKAN

Ketika mendengar kata “kota mati”, hal yang paling sering terlintas pastinya adalah bayangan pemandangan kota yang terbengkalai lengkap dengan bangunan-bangunan yang dimakan usia yang sudah ditinggalkan oleh penghuninya sejak puluhan tahun yang lalu. Warga yang dulu sempat tinggal di ghost towns tersebut biasanya pindah ke daerah lain untuk mencari pekerjaan di kota-kota lain atau akibat dari wabah penyakit dan bencana alam.

Tapi, pernahkah Anda mendengar kota mati yang justru memiliki gedung-gedung yang sangat mewah dan terawat? Well, selamat datang di Kota Beihai, sebuah kota dengan landscape urban dan gedung-gedung villa yang sangat luxurious. Satu-satunya hal yang kurang adalah, rumah-rumah mewah tersebut sama sekali tidak berpenghuni. Bagaimana bisa?

.3176 Beihai; Kota Mewah yang Terlupakan (A)

Pada tahun 2008, sejumlah investor memutuskan untuk menginvestasikan uang mereka dengan membuat kompleks perumahan berisi 100 unit rumah mewah. Penyebab yang pertama adalah karena para investor China dilarang untuk menanamkan investasi mereka di luar negeri. Sehingga banyak dari mereka yang memutuskan untuk menumbuhkan investasi dengan membangun rumah-rumah mewah untuk dijual.

.3176 Beihai; Kota Mewah yang Terlupakan (B)

Pembangunan rumah-rumah tersebut ditujukan untuk menarik perhatian para orang-orang kaya yang mulai bermunculan pada saat itu. Tiap unit rumah tersebut diberi harga hingga lebih dari 3 juta Yuan. Di dalam kompleks tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas mulai dari malls, taman yang asri, dan jalanan raya yang cukup lebar. Tapi satu hal yang luput dari perhatian para investor dan pengembang perumahan tersebut adalah, perumahan ini terletak jauh dari pusat-pusat perekonomian sehingga mengakibatkan orang enggan untuk datang dan membeli unit rumah tersebut. Jadilah perumahan tersebut menjadi perumahan kosong yang tidak dihuni selama lebih dari 6 tahun.

.3176 Beihai; Kota Mewah yang Terlupakan (C)

Tapi terlepas dari itu, para investor tidak putus harapan. Mereka masih percaya bahwa suatu saat nanti akan ada pihak-pihak yang menginginkan untuk tinggal di tempat tersebut sehingga mereka rela mengeluarkan biaya untuk maintenance sehingga gedung-gedung dan fasilitas umum di rumah tersebut tetap dalam keadaan terawat.

.3176 Beihai; Kota Mewah yang Terlupakan (D)

Sebenarnya hal ini sudah jadi sorotan publik China lho, Vems. Karena Beihai sebenarnya bukan satu-satunya perumahan yang dibiarkan kosong. Ada banyak sekali investor yang mengalirkan investasi dengan membangun perumahan yang kemudian lama tidak dihuni. Ironisnya lagi untuk membangun gedung perumahan tersebut banyak penduduk China yang ditarik dari keluarga dan tempat tinggalnya untuk menjadi pekerja bangunan kosong.

Bagaimana ya rasanya berjalan-jalan di kota mewah namun tak berpenghuni ini?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR