Tips Membangkitkan Semangat Kerja Setelah Liburan

Tips Membangkitkan Semangat Kerja Setelah Liburan

11
0
BAGIKAN

Bulan Januari 2018 masih berada di paruh pertama. Kemeriahan libur natal dan pergantian tahun 2017 kemarin tentu saja masih menggema di benak Anda. Sayangnya, Anda harus kembali pada realita bahwa pekan libur panjang telah usai. Kini saatnya kembali menjalani rutinitas di kantor dengan penuh semangat.

Meski terasa berat dan membosankan, pekerjaan kantor merupakan hal yang wajib Anda jalani untuk memenuhi biaya hidup sekaligus menabung holiday budget untuk pekan libur panjang selanjutnya. Berbeda dengan menjalani rutinitas bekerja pada hari-hari biasa, kembali ngantor setelah libur panjang akhir tahun tentu terasa lebih berat dan memerlukan upaya ekstra untuk melakoni tips membangkitkan semangat kerja setelah liburan. Jangan biarkan kesenangan berlibur yang telah berlalu menyisakan holiday blues yang pada akhirnya justru menggerogoti semangat bekerja Anda.

Menjelang berakhirnya masa liburan, ada baiknya Anda menyiapkan mental untuk kembali terjun ke dalam aktivitas di kantor. Sehari sebelum kembali bekerja, buatlah rencana dan jadwal pekerjaan yang harus Anda lakukan di hari pertama bekerja. Ingatlah kembali pekerjaan di tahun sebelumnya yang masih belum tuntas dan perlu Anda selesaikan segera. Apakah ada jadwal meting dengan klien yang harus Anda lakoni? Refresh memori Anda mengenai daftar pekerjaan di kantor, terutama hal-hal yang harus Anda lakukan segera di awal tahun.

Membuat to-do list bisa menjadi langkah termudah untuk menyiapkan diri Anda sebelum kembali bekerja. Buatlah daftar tugas dan kewajiban yang harus Anda penuhi di kantor. Tak lupa, berangkatlah lebih pagi dari biasanya untuk menghidnari terjebak macet di jalan di hari pertama kembali bekerja. Berangkat bekerja lebih pagi juga dapat meningkatkan semangat Anda saat di kantor karena Anda telah siap menghadapi hari tanpa khawatir terjebak kemacetan di tengah jam sibuk.

Beberapa hari sebelum kembali bekerja, Anda juga bisa melakukan pemanasan terhadap jadwal ngantor. Bangunlah pagi seperti biasanya saat Anda harus bekerja. Lakukan rutinitas seperti biasanya di pagi hari sebelum berangkat bekerja, seperti memasak sarapan, mandi pagi, hingga memilih busana kerja dan mengecek email kantor. Meski sekedar “simulasi”, melakukan rutinitas tersebut nantinya akan membuat Anda lebih cepat beradaptasi saat tiba hari pertama bekerja.

Catching up merupakan upaya yang tepat untuk dilakukan di hari pertama bekerja. Tingkatkan komunikasi dan lakukan silaturahmi dengan rekan kerja setelah sekian lama tak berjumpa saat liburan. Anda bisa bertukar informasi dan catch up dengan pekerjaan maupun aktivitas kantor serta tren industri yang barangkali Anda lewatkan selama libur panjang. Tentu saja, jangan keterusan mengobrol hingga lupa melakukan pekerjaan ya, Vems!

Tak lupa, menyusun playlist khusus untuk hari pertama kembali bekerja terkesan sebagai hal sepele. Namun tahukah Anda, Ladies, bahwa efek musik yang tepat seringkali bisa memompa semangat bekerja? Ciptakan playlist berisi lagu-lagu favorit nan membangkitkan semangat kerja. Jangan lupa gunakan headphone agar tidak mengganggu rekan kerja yang lain ya Vems. Selamat kembali bekerja!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR