3 Hal Ini yang Akan Menimpa Tubuh Jika Terlalu Banyak Olahraga

3 Hal Ini yang Akan Menimpa Tubuh Jika Terlalu Banyak Olahraga

5
0
BAGIKAN

Berolahraga adalah kegiatan yang wajib dilakukan, dan alasannya bukan hanya karena Anda sedang dalam program diet. Dengan berolahraga, tubuh Anda jadi lebih segar, kekebalan tubuh meningkat, dan ditambah lagi olahraga bisa membantu menekan stres dan memperkecil resiko depresi lho.

Melihat sedemikian besar manfaat dari olahraga, tak mengagetkan kalau banyak orang yang sangat berdedikasi dalam berolahraga. Semakin banyak berolahraga, maka bakal semakin sehat, kan? Surprisingly, terlalu banyak berolahraga pun bisa mengakibatkan dampak yang tak kalah negatif dari jika Anda malas berolahraga lho, Vems. Kalau terlalu banyak berolahraga, ternyata ini yang akan terjadi pada tubuh Anda.

  • Ketidakseimbangan Hormon

Berolahraga memang ditujukan untuk membakar lemak, tapi kalau terbanyak lemak yang terbakar ternyata bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon, lho. Salah satu hormon yang mengalami gangguan adalah produksi hormon estrogen yang berkurang. Akibatnya, siklus menstruasi Anda jadi kacau balau.

Produksi hormon kortisol juga meningkat tajam, sehingga akibatnya tubuh Anda pun beralih ke mode “survival”. Mode tersebut mengakibatkan tubuh menahan pembakaran lemak, sehingga olahraga ekstrim yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia saja karena tidak ada lemak yang diubah menjadi energi. Ditambah lagi Anda justru menjadi lebih mudah marah. Sangat bertolak belakang dari tujuan Anda berolahraga, kan?

  • Penurunan Daya Tahan Tubuh

Fungsi olahraga lainnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, asalkan jangan sampai Anda melakukannya dengan berlebihan. Ketika Anda berolahraga terlalu keras, tubuh yang merasa kelelahan mengolah energi yang digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh menjadi energi untuk memperbaiki sel-sel otot dan sel-sel tulang yang rusak.

.3149 3 Hal Ini yang Akan Menimpa Jika Terlalu Banyak Olahraga (A)                                                                               

Dengan menghilangnya benteng pertahanan tubuh, maka Anda justru jadi semakin mudah terserang penyakit, belum lagi ditambah dengan masa penyembuhan yang sangat lama. Padahal penyakit yang menyerang tubuh Anda tergolong sangat sepele. Memaksakan diri untuk berolahraga dalam keadaan sakit pun percuma lho, Vems. Jadi alangkah baiknya untuk beristirahat hingga Anda seratus persen pulih terlebih dulu.

  • Penurunan Massa Otot dan Pengeroposan Tulang

Sayangnya tidak banyak yang tahu bahwa olahraga yang terlalu berat bisa berakibat fatal pada kekuatan otot dan tulang. Selama kita berolahraga, serat-serat otot dan sel-sel tulang akan mengalami sedikit kerusakan dan membutuhkan waktu selama 24 hingga 48 jam untuk pulih dan menjadi lebih kuat.

Tapi saat Ladies berolahraga tanpa istirahat, kerusakan otot dan tulang tersebut bakal semakin membesar sehingga akibatnya otot Anda menjadi lemah dan tulang Anda menjadi keropos. Jadi, sebaiknya berolahraga dalam tahap wajar saja deh, Vems.

Wah, ternyata segala hal yang berlebihan memang tidak baik termasuk olahraga sekalipun.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR