5 Buah Ini Ampuh Tangkal Masalah Kolesterol

5 Buah Ini Ampuh Tangkal Masalah Kolesterol

41
0
BAGIKAN

Begitu Anda menginjak usia 25 tahun ke atas, Anda mulai (dan harus!) cemas dengan satu kata: kolesterol. Kolesterol sudah sering disebut sebagai biang kerok penyebab serangan jantung dan juga stroke, yang kita semua tahu 2 penyakit tersebut merupakan silent killer yang sudah banyak merenggut nyawa banyak orang.

Untungnya ada cara yang paling sederhana tapi efektif untuk menangkal kolesterol, yaitu dengan tes darah dan mengadopsi gaya hidup sehat. Yang Vemine maksud gaya hidup sehat di sini juga termasuk pola makan yang sehat lho, Vems. Selain menyantap oatmeals, telur, kacang-kacangan dan makanan pengontrol kolesterol lainnya, jangan sampai lupa untuk menyantap 5 buah-buahan berikut ini.

.3146 5 Buah Ini Ampuh Tangkal Masalah Kolesterol (A)

  • Alpukat

Alpukat memang buah yang mengandung kadar lemak tinggi. Sehingga kalau tidak hati-hati, konsumsi buah ini justru bisa mengakibatkan penumpukan lemak berlebih. Tapi selama Anda mengkonsumsinya sebanyak 1 buah sehari, alpukat justru bisa membantu membasmi kelebihan lemak kolesterol lho.

Itu karena kandungan lemak di dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang oleh tubuh diproses untuk menjadi kolesterol baik (HDL). Lemak HDL yang tinggi berarti lebih banyak pula lemak LDL yang diangkut ke organ hati untuk kemudian dibuang dari dalam tubuh.

.3146 5 Buah Ini Ampuh Tangkal Masalah Kolesterol (B)

  • Jambu Biji

Menurut penelitian di Malaysia yang diselenggarakan selama 9 minggu, seseorang yang mengkonsumsi jambu biji sebanyak 400 gram tiap hari mengalami peningkatan kolesterol HDL (again, good sign!) dan secara otomatis kadar kolesterol di dalam darah pun terkontrol. Selain itu, jambu biji juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh lho.

.3146 5 Buah Ini Ampuh Tangkal Masalah Kolesterol (C)

  • Pepaya

Kombinasi vitamin C, vitamin E, dan likopen di dalam buah pepaya berkhasiat untuk mencegah terjadinya pembentukan plak akibat oksidasi kolesterol di pembuluh darah. Kandungan air dan serat dari buah pepaya juga sangat bagus buat pencernaan Anda dan mencegah konstipasi.

.3146 5 Buah Ini Ampuh Tangkal Masalah Kolesterol (D)

  • Anggur

Kelas beri-berian termasuk di dalamnya buah anggur sudah diketahui sebagai powerhouse zat antioksidan. Asupan antioksidan yang cukup dapat memicu meningkatnya produksi kolesterol sekaligus menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Mau mendapatkan boost antioksidan? Konsumsilah buah kismis yang mengandung antioksidan 2x lipat dari buah anggur segar.

.3146 5 Buah Ini Ampuh Tangkal Masalah Kolesterol (E)

  • Pear

Saat cuaca panas memang paling asyik mengunyah buah pear, Vems. Tidak hanya kaya akan air dan serat yang bagus buat pencernaan, buah pear juga mengandung pektin. Pektin adalah senyawa zat yang berfungsi layaknya HDL, yaitu dapat mengikat dan membawa kelebihan kolesterol jahat LDL dari dinding pembuluh darah dan membuangnya keluar tubuh.

Yuk, mulai rutin mengkonsumsi 5 buah pencegah kolesterol di atas!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR