Triathlon, Hidup Bugar dengan Alternatif Olahraga Kaum Urban

Triathlon, Hidup Bugar dengan Alternatif Olahraga Kaum Urban

4
0
BAGIKAN

Aktivitas kerja di kantor dan rutinitas hidup di perkotaan tentu menyita waktu Anda untuk sekedar berolahraga ringan seperti jogging maupun latihan di gym. Menariknya, di kalangan kaum urban saat ini tengah populer jenis olahraga alternatif berupa triathlon. Tak hanya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga triathlon juga bersifat ekstrem dan memberikan tantangan pada fisik dan mental Anda.

Triathlon merupakan olahraga yang menggabungkan tiga olahraga sederhana namun terasa relatif berat, yaitu bersepeda, berenang, dan berlari yang dilakukan secara terus menerus tanpa jeda. Untuk melakukan triathlon, Ladies harus memiliki fisik yang prima, khususnya jantung yang kuat dan kondisi mental yang sehat dan pantang menyerah. Terlebih lagi, Vems, triathlon dilakukan dalam format kompetisi sehingga akan mempertajam jiwa bersaing Anda.

Meski masih belum cukup marak di Indonesia, triathlon menjadi olahraga yang populer bagi seluruh kalangan urban di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan Australia. Dalam ukuran standar Internasional, triathlon tergolong dalam berbagai kategori seperti jarak pendek (Sprint), jarak menengah (Intermediate), hingga jarak ultra (Ironman setengah maupun Ironman jauh). Untuk kategori Sprint, para peserta triathlon akan bersepeda sepanjang 20 kilometer untuk bersepeda, berenang sejauh 750 meter, dan 5 kilomoter untuk berlari.

Peserta triathlon kategori Intermediate, sebaliknya, menempuh 40 kilometer untuk bersepeda, 1,5 kilometer untuk berenang, dan berlari sepanjang 10 kilometer. Selanjutnya terdapat kategori Ironman setengah dengan jarak tempuh bersepeda 90 kilometer bersepeda, 1,9 kilometer untuk berenang, dan 21,1 kilometer untuk berlari. Sedangkan untuk Ironman jauh, peserta akan menempuh 180 kilometer untuk bersepeda,  3,8 kilometer untuk berenang, dan 42,2 kilometer untuk berlari.

Tak hanya sekedar olahraga yang menguras fisik saja, triathlon juga menyiman banyak manfaat kesehatan di balik tantangan yang diberikan. Melakukan olahraga lari, bersepeda, dan berenang secara rutin akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung, diabetes, mengurangi berat badan berlebih atau obsesitas, serta menurunkan risiko kanker dan osteoporosis. Keseluruhan olahraga dalam triathlon juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah depresi.

Jika Ladies ingin melatih dan menguatkan otot-otot tubuh, triathlon merupakan pilihan olahraga yang tepat. Berlari dan bersepeda akan melatih otot di bagian bawah tubuh, sebaliknya berenang akan melatih otot di tubuh bagian atas. Otomatis, semua otot di bagian tubuh Anda terlatih setelah melakukan rangkaian olahraga triathlon.

Triathlon tak hanya merupakan olahraga semata. Sebelum melakukannya, Ladies diharuskan untuk berlatih ketiga olahraga yang ada dalam triathlon secara intens. Ladies juga akan diminta menjaga asupan makanan bergizi yang dibutuhkan sebagai salah satu bentuk persiapan dalam triathlon. Selain mengatur pola makan dan waktu makan teratur, persiapan yang harus Anda lakukan sebelum rangkaian olahraga triathlon ialah meningkatkan kekuatan dan ketahanan mental sangat diperlukan dalam Triathlon. Lakukan sesi latihan dengan penuh tekad dan sepenuh hati agar tubuh Anda terbiasa mengikutinya.

Cobalah setidaknya berenang di perairan terbuka sebanyak satu kali, karena kolam renang dan perairan terbuka sangatlah berbeda. Untuk bersepeda, pilihlah sepeda yang terbaik untuk Anda. Yang paling penting adalah, sesuaikan jenis sepeda dengan medan yang dihadapi dan ukuran tubuh Anda. Selamat melakukan olahraga alternatif triathlon ya Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR