Lumernya Chawanmushi, Resep Makanan Jepang Yang Oishi

Lumernya Chawanmushi, Resep Makanan Jepang Yang Oishi

21
0
BAGIKAN

Makanan Jepang menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Banyak restoran Jepang yang didirikan dan menyajikan beragam masakan terbaik khas Negeri Sakura tersebut. Apakah Vems termasuk salah satu penggemar kuliner Jepang? Kalau ya, Anda mungkin sering berkunjung ke restoran Jepang atau bahkan bereksperimen sendiri di rumah dengan resep masakan Jepang. Mungkin masih banyak resep makanan Jepang yang sebenarnya menggiurkan namun tak banyak diketahui di Indonesia.

Kalau Anda sering pergi ke restoran Jepang atau pernah liburan ke sana. Anda mungkin tak asing dengan Chawanmushi. Ini adalah hidangan khas Jepang yang merupakan puding telur. Hidangan ini biasanya dinikmati sebagai side dish. Custard yang dibuat ini terdiri dari campuran telur yang ditambah dengan kecap, dashi, mirin, jamur shiitake, kamaboko, yuri-ne (akar bunga lili), ginkgo, dan udang rebus. Semua bahan tersebut dimasukkan ke dalam cangkir teh.

Chawanmushi ini bisa dinikmati saat panas ataupun dingin. Nah, kalau Vems penasaran dengan menu yang satu ini, Vemine punya resep rahasianya. Yuk, simak sama-sama resep makanan Jepang dengan tekstur lembut dan meleleh di mulut ini.

Chawanmushi

Lumernya Chawanmushi, Resep Makanan Jepang Yang Oishi-a

Bahan-bahan :
1 buah Telur ayam
145 cc Air
1/2 sendok makan Hon Dash
1 sendok Higashimaru (Shoyu) 
1 sendok Mirin

Toping :
Daging ayam (rebus dan potong dadu secukupnya) 
Udang kupas
Jamur sitake
Fish cake atau bakso ikan
Daun seledri

Cara pembuatan :
1. Pertama siapkan wadah dan campurkan air, hon dashi, shoyu, dan mirin sampai mengembang. 
2. Pecahkan telur dan kocok hingga rata. 
3. Campurkan campuran air dan bumbu dengan telur, lalu aduk hingga merata. 
4. Saring kedua campuran tersebut hingga tidak ada gumpalan-gumpalan yang tersisa. Hal ini bertujuan agar hasil Chawan Mushi dapat memiliki tekstur yang halus seperti kembang tahu. 
5. Panaskan panci untuk mengukus dan sembari menunggu panci memanas Anda dapat memasukkan topping ke dalam wadah. 
6. Setelah memasukkan topping daging ayam, udang, jamur, dan fish cake atau bakso ikan. Lalu tuangkan campuran telur, daun seledri, air, dan bumbu ke dalam cetakan. 
7. Kukus selama kurang lebih 10 menit hingga 15 menit. Ketika mengukus sebaiknya bagian atas dari Chawan Mushi diberikan alas seperti kain untuk menghambat tetesan air masuk ke dalam adonan. 
8. Setelah 10 menit sampai 15 menit, Chawan Mushi dapat disajikan.

Itulah resep makanan Jepang yang paling mudah dibuat di rumah. Chawanmushi bisa jadi makanan pendamping terbaik bersama keluarga. Selamat mencoba!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR