Flashback Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa

Flashback Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa

8
0
BAGIKAN

Perkembangan komputer dari masa ke masa tidak bisa dianggap remeh. Penemuan komputer tentu membuat perubahan baru di dunia. Charles Babbage tercatat sebagai penemu pertama komputer dan sukses membuat dunia berubah sangat drastis. Jika ia tak terpikir membuat perangkat yang satu ini, tentu saja salah satu teknologi canggih ini akan memiliki cerita yang berbeda. Perangkat yang sangat bermanfaat ini sekarang bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok kaum urban dan milenial.

Komputer memiliki satu kesatuan perangkat sebagai pelengkapnya, seperti CPU, mouse, keyboard, speaker, dan monitor. Jauh sebelum menjadi satu kesatuan perangkat yang sempurna, komputer pertama kali dirakit oleh Babbage pada tahun 1821. Awalnya ia menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang bisa menyusun Tabel Matematika. Yap, for your information, Babbage juga merupakan seorang ahli matematika dan juga merupakan anggota sebuah organisasi astronomi.

Namun jangan dikira jika perangkat-perangkat pendukung komputer diciptakan oleh orang yang sama, seperti mouse. Perangkat kecil yang memang menyerupai tikus ini dibuat oleh Douglas Engelbart. Pria kelahiran 1925 ini memperkenalkan mouse komputer untuk pertama kalinya di tahun 1963. Ia seorang peneliti yang berasal dari Stanford Research Institute.

Sama halnya dengan perkembangan komputer dari masa ke masa, perkembangan mouse juga harus melewati berbagai tahap panjang. Eksperimen terus dilakukan oleh Douglas. Awalnya ia membuat sebuah mouse dari kayu dengan roda dibagian bawahnya agarbisa digerakkan. Ini adalah model asli yang sangat sederhana sejak ia buat di tahun 1960-an.

Flashback Perkembangan Komputer Dari Masa Ke Masa-a

Memasuki tahun 1970an, inovasi baru pada mouse dilakukan, yaitu dengan menampilkan dua gigi tegak lurus yang terpasang pada roda. Sampai akhirnya Apple membuat inovasi mouse yang banyak diminati oleh orang-orang waktu itu. Apple Mac Plus pun menyajikan mouse seperti botongan es krim kental berwarna krem.

Di awal tahun 80an, Hewlett-Packard yang tidak memiliki bakat dalam mendesain membuat perangkat mouse dengan lengkungan yang cukup on point pada bagian pegangannya. Meski terlihat aneh, namun sepertinya lebih nyaman untuk dipegang.

Berbeda dengan Logitech yang selalu punya ide aneh untuk teknologi. Mereka menciptakan mouse tiga tombol dengan bahan plastik transparan. Ini mereka buat di tahun 90an. Mouse jenis ini juga sempat booming  pada masanya.

Semakin kesini, inovasi mouse semakin simple, namun lebih canggih. Sebut saja mouse portabel yang tak perlu menggunakan kabel. Douglas yang telah meninggal dunia di usia 88 tahun, tak pernah meminta royalti untuk penemuan besarnya tersebut. Meskipun karyanya tersebut telah mendapatkan 21 paten dari berbagai perusahaan teknologi.

Itulah sedikit ulasan perkembangan komputer dari masa ke masa, khususnya untuk perangkat mouse yang menjadi pasangan teknologi komputer.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR