Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Akhir Tahun

Tips Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Akhir Tahun

7
0
BAGIKAN

Memasuki pekan pertama bulan Januari tahun 2018, para karyawan dan pekerja kantoran mulai memadati jalanan dan gedung perkantoran. Rutinitas kerja kembali seperti biasa setelah sempat diselingi dengan libur panjang Natal dan pergantian tahun. Sejatinya, libur panjang yang dihabiskan dengan bersantai di rumah bersama orang terkasih atau melancong ke negeri jauh tentu dapat menyegarkan tubuh dan pikiran serta mengembalikan semangat.

Sayangnya, tak sedikit yang mengalami post-holiday syndrome dan mengalami penurunan produktivitas usai menjalani liburan panjang. Sensasi menyenangkan saat berlibur cenderung sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja menjadi turun drastis. Aktivitas akan terhambat dan kreativitas di kantor menjadi mampet karena holiday fever yang Anda alami. Haruskah Anda takluk oleh mental Anda sendiri atau menemukan kembali semangat kerja yang telah memudar, Vems?

Yang terpenting, pikirkan kembali kesenangan dalam bekerja. Tak jarang yang merasa bahwa liburan jauh menyenangkan daripada bekerja. Faktanya, selalu ada sisi menyenangkan dari pekerjaan yang bisa Anda andalkan untuk kembali menemukan motivasi dalam menjalani rutinitas di kantor. Apakah pekerjaan Anda sesuai dengan passion yang Anda nikmati sejak masa kanak? Apakah gaji dan bonus yang Anda dapatkan menggiurkan dan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup? Beberapa instansi bahkan tak segan memberikan atmosfer kantor yang bikin betah agar karyawan mereka selalu semangat bekerja.

Agar gairah bekerja Anda tak lekas sirna, Vems, buatlah jadwal hari kerja pertama. Adakah laoran dari tahun lalu yang belum beres dan masih terbengkalai? Apakah Anda harus menyusun jadwal meeting dan serangkaian klien baru di tahun ini? Buatlah jadwal pekerjaan yang harus Anda selesaikan mulai dari hari pertama kembali bekerja hingga beberapa minggu ke depan. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Semangat kerja dijamin akan kembali meningkat dengan memiliki jadwal dan tujuan kerja yang jelas.

Setelah sepekan lebih bepergian atau bahkan bermalas-malasan di rumah, Anda tentu akan terbiasa untuk bangun siang dan bersantai sepanjang hari. Awal tahun dan berakhirnya liburnya libur panjang ialah saatnya Anda kembali bekerja, Vems. Tinggalkan kebiasaan bermalas-malasan dan paksakan diri Anda untuk bangun tidur serta datang lebih pagi ke kantor. Dengan demikian, Anda punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri dalam melakukan pekerjaan di tahun yang baru ini.

Setelah mengumpulkan semangat untuk kembali menjalani rutinitas, mulailah bekerja secara perlahan ya Ladies. Beberapa kantor cenderung memiliki banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan usai liburan. Tenang saja, Vems, jangan panik karena hal tersebut normal adanya. Lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan asal dalam kecepatan stabil. Jangan tergoda untuk bermalas-malasan apalagi melakukan procrastinating. Sebaliknya, jangan pula terburu-buru untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat karena mood dan pikiran Anda masih beradaptasi dengan suasana pasca libur panjang.

Semoga Anda kembali bersemangat dalam menjalani aktivitas di kantor ya, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR