Gejala Stroke Ringan Tidak Boleh Dianggap Remeh Lho

Gejala Stroke Ringan Tidak Boleh Dianggap Remeh Lho

23
0
BAGIKAN

Stroke adalah penyakit kardiovaskular yang dapat membuat penderitanya mengalami kelumpuhan anggota tubuh hingga kelumpuhan otak yang mengakibatkan kesulitan berbicara. Bahkan tidak jarang stroke juga dapat mengakibatkan kematian mendadak akibat sumbatan aliran darah di bagian organ jantung. Gejala stroke yang paling dikenal meliputi rasa mati rasa atau bahkan kesulitan dalam mengontrol anggota tubuh (kaki dan tangan), serta cara berbicara penderita yang kacau (slurred speech).

Walaupun sering disebut sebagai silent killer, kenyataannya gejala stroke sudah bisa diantisipasi sejak awal lho, Vems. Hanya saja kebanyakan dari kita sering menganggap remeh gejala stroke ringan ini. Untuk lebih jelasnya, simak yuk ulasan dari Vemine berikut ini.

Stroke ringan, atau yang juga disebut dengan Transient Ischemic Attack (TIA) adalah rangkaian gejala stroke yang berlangsung dalam waktu singkat. Sama seperti gejala stroke major, stroke ringan ini disebabkan akibat adanya penyumbatan di aliran pembuluh darah arteri. Tapi karena penyumbatan yang terjadi belum terlalu parah, stroke ringan ini tidak sampai mengakibatkan kerusakan pada jaringan otak maupun dampak stroke yang lain.

Gejala dari stroke ringan juga kurang lebih sama dengan gejala stroke, seperti kesemutan atau bahkan kesulitan menggerakkan tangan dan kaki, bagian otot wajah yang mengalami penurunan, maupun kesulitan berbicara. Perbedaannya, gejala stroke ringan ini biasanya langsung menghilang dalam jangka waktu 24 jam. However, jika Vems pernah mengalami satu atau dua episode gejala stroke ini sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

.3129 Gejala Stroke Ringan Tidak Boleh Dianggap Remeh Lho (A)

Kenapa? Karena dengan semakin seringnya Anda mengalami gejala stroke ini, semakin besar pula kemungkinan Anda akan terserang stroke major. Ini bukan sekedar gertak sambal lho, Vems.  Karena menurut data penelitian, sekitar 4 dari 10 orang yang terserang stroke ringan diketahui mengidap gejala stroke yang sesungguhnya. Ditambah lagi, gejala stroke tersebut bisa langsung terjadi dalam jangka waktu 48 jam setelah durasi stroke ringan yang berulang. Sebaliknya, treatments yang tepat untuk menanggulangi stroke ringan dapat memperkecil resiko Anda terkena serangan stroke.

Nah, jadi lebih tahu deh alasan kenapa penting banget untuk lebih waspada terhadap stroke ringan ini? Sayangnya, masyarakat kita masih sangat awam tentang topik ini. Menurut polling, terdapat lebih dari 68% responden yang ternyata belum mengetahui tentang stroke ringan dan bahanyanya. Tak heran jika stroke masih sering menelan korban di tanah air, terutama pada orang-orang di usia menopause. Apalagi jika Anda punya kebiasaan makan makanan tinggi kolesterol dan gaya hidup merokok.

Untuk membantu berkontribusi memperkecil angka kematian akibat stroke, yuk lebih peka dan waspada akan gejala-gejala stroke ringan, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR