Hidup Sehat dengan Waspadai Gejala Stroke Awal

Hidup Sehat dengan Waspadai Gejala Stroke Awal

12
0
BAGIKAN

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Dampaknya, terjadilah kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke hingga kini merupakan penyakit serius yang membutuhkan penanganan cepat. Untuk mencegah memburuknya stroke yang Anda alami, ada baiknya Ladies mengenali gejala stroke awal.
Stroke akibat sumbatan (stroke iskemik) maupun karena pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) dapat terjadi secara mendadak. apanpun dan di manapun, saat beristirahat maupun saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami serangan gejala stroke sehingga Ladies harus bisa mengenali gejala stroke sedini mungkin dengan langkah mudah. FAST (Face, Arms, Speech dan Time) merupakan bagian tubuh untuk mendeteksi gejala awal stroke. Gejala stroke pada setiap orang bisa berbeda-beda dan biasanya muncul secara mendadak.

Otak manusia memiliki bagian tertentu untuk fungsi tertentu, sehingga gejala stroke yang menimpa bagian tubuh tertentu akan tergantung pada bagian otak mana yang terkena. FAST adalah metode mengenali gejala awal stroke dengan mudah agar cepat dapat ditangani. Pada Face atau Wajah, Ladies bisa mengalami lumpuh sebelah. Hal tersebut dapat terlihat ketika sudut bibir hanya mengangkat sebelah saat tersenyum atau mata terlihat terkulai.

Untuk Arms atau Lengan, Anda dicurigai mengidap stroke ketika tidak mampu mengangkat salah satu atau kedua lengan. Dalam hal Speech atau Bicara, para penderita stroke seringkali berbicara cadel atau pelo, bahkan tidak dapat berbicara sama sekali meski terlihat sadar. Langkah deteksi gejala awal stroke yang terakhir, Time atau Waktu, yakni sangatlah penting untuk senantiasa mengingat tanda-tanda stroke di atas, terlebih lagi apabila Anda hidup bersama atau bahkan merupakan seseorang yang memiliki risiko tinggi stroke.

Beberapa gejala lainnya yang perlu diwaspadai ialah penurunan pemahaman selain munculnya gangguan berbicara. Pengelihatan Anda juga aakan mendadak terganggu pada awal timbulnya gejala stroke. Anda mungkin tidak akan mampu melihat jelas dengan satu mata maupun mengalami kesulitan untuk melihat ke arah kanan atau kiri. Kesulitan berjalan atau kehilangan keseimbangan, misalnya terlihat seperti orang mabuk ketika berjalan, tersandung, atau bahkan jatuh adalah gejala stroke yang tak kalah berbahaya. Tanda-tanda lainnya yang serupa ialah berjalan dengan kaki terbuka lebar atau secara tiba-tiba kehilangan kemampuan motorik halus seperti tidak mampu untuk menulis.
Ladies, sakit kepala memang tidak selalu identik dengan gejala stroke. Namun, waspadai ketika sakit kepala menyerang tiba-tiba secara intens, disertai leher kaku, nyeri pada wajah, atau muntah. Bukan tidak mungkin Anda akan mengalami pendarahan intrakranial yang juga dikenal sebagai stroke merah (red stroke). Semoga Anda dan keluarga senantiasa sehat dan bebas gejala stroke ya, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR