Fakta Horor di Balik Pembungkus Makanan Fast Food

Fakta Horor di Balik Pembungkus Makanan Fast Food

26
0
BAGIKAN

Makanan cepat saji adalah jenis junk food yang tidak baik untuk dikonsumsi terlalu sering, terutama kalau Ladies ingin berat badan Anda tetap ideal dan sehat. Jenis fast food memang dikenal dengan kandungan minyak dan lemaknya yang sangat tinggi, belum lagi ditambah dengan  berbagai macam bahan pengawet di dalamnya. Dan jika itu tidak cukup membuat Anda merinding, bahkan Vems juga terekspos dengan bahaya racun kimia yang ada di kertas pembungkus makanan tersebut. Nah lho!

Hampir semua jenis wadah dan kertas pembungkus makanan junkfood memiliki kandungan zat kimia bernama PFAS atau Poly-Fluoro-Alkyl Substances. Fungsi dari zat kimia tersebut adalah untuk membantu agar minyak dari makanan tersebut tidak merembes keluar dari wadah atau kertas tersebut. Masalahnya, jika sampai zat ini masuk ke dalam tubuh Anda maka dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari membahayakan perkembangan janin bagi ibu hamil, menurunkan tingkat kesuburan pria maupun wanita, mengacaukan sistem hormon dalam tubuh, hingga meningkatkan resiko kanker.

.3108 Fakta Horor di Balik Pembungkus Makanan Fast Food (A)

Wow, seram ya Vems? Tapi tak akan ada masalah kan jika PFAS ini tidak masuk ke dalam tubuh? Lagipula, rasanya tidak akan ada orang yang sebegitu kelaparannya sampai turut memakan wadah atau kertas pembungkus makanan. Sayangnya hanya ada segelintir orang yang tahu kalau ternyata bahan kimia itu bisa berpindah dan menempel ke makanan Anda. Iiih!

Sekelompok peneliti yang  bernaung di bawah organisasi Silent Spring Institute mengadakan satu penelitian, dan hasilnya sangat mengejutkan! Dari pengambilan 400 sample kertas pembungkus dan wadah makanan di Amerika Serikat, ditemukan sebanyak 56% dari pembungkus roti dan desserts, 38% pembungkus sandwich dan burger, 20% dari pembungkus kertas karton mengandung zat kimia fluorine di  dalamnya.

.3108 Fakta Horor di Balik Pembungkus Makanan Fast Food (B)

Berapa banyak kandungan PFAS menempel ke makanan Anda? Sayangnya sampai saat ini belum ada jawaban yang pasti. Besar kecilnya kadar zat yang berhasil mencemari makanan sepenuhnya bergantung pada jenis makanan, temperatur saat makanan tersebut dikemas, seberapa lama makanan tersebut berada di dalam wadah tersebut, dan jumlah makanan yang terbungkus di dalamnya. Hanya saja satu hal yang pasti, Vems.

Semakin lama makanan tersebut berada di dalam wadah atau pembungkus makanan, akan semakin besar pula resiko zat kimia tersebut mencemari makanan Anda.

Jadi, masih ingin jajan sembarangan? Kalaupun memang sedang dalam keadaan terdesak, sebaiknya bawa tempat bekal sendiri, dan usahakan wadah makanan yang Anda bawa terbuat dari bahan logam. Semoga informasi ini bermanfaat, Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR