Yang Harus Dihindari Jika Anda Seorang Pemakai Softlens

Yang Harus Dihindari Jika Anda Seorang Pemakai Softlens

32
0
BAGIKAN

Softlens atau lensa kontak merupakan alternatif alat bantu penglihatan yang relatif menarik selain kacamata. Ladies yang terbiasa mengenakan kacamata sekian lama karena gangguan penglihatan tentu ingin sesekali mencoba penampilan baru tanpa kacamata yang bertengger di hidung. Softlens bisa menjadi solusi praktis untuk mengubah penampilan Anda sekaligus tetap memgakomodasi mata minus Anda.

Tak hanya sebagai pengganti kacamata, softlens aneka warna juga bisa menunjang gaya berbusana Anda lho, Vems! Tentu saja, Anda harus menyadari risiko dari pemakaian softlens secara salah-kaprah. Berbagai masalah kesehatan mata nan fatal seperti infeksi mata, kerusakan kornea, hingga kebutaan bisa saja terjadi apabila Anda sekedar ikut-ikut fenomena pemakaian softlens tanpa memahami aturan pemakaian yang tepat. Tak hanya aturan pemakaian, ada beberapa hal yang harus Anda hindari apabila Anda seorang pemakai softlens.

Dengan fungsinya yang vital sebagai alat bantu penglihatan, softlens berbeda dari kacamata yang bisa Anda kenakan sepanjang hari. Ladies sebaiknya tidak menggunakan softlens terlalu lama karena dapat berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Jangan memakai softlens lebih dari 10 jam karena kornea mata akan kesulitan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Terlalu lama memakai softlens juga berisiko memicu perkembangan bakteri yang bisa berakibat fatal, misalnya kebutaan.

Kebiasaan sering menyentuh kacamata tentu menyebabkan lensa menjadi mudah kotor, meski bisa Anda dengan mudah menggunakan lap pembersih kacamata. Softlens, sebaliknya, jangan terlalu sering disentuh dengan tangan tanpa mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu dengan menggunakan sabun. Jari tangan Anda bisa jadi dipenuhi bakteri dan kotoran yang bisa memicu infeksi mata.

3095 Yang Harus Dihindari Jika Anda Seorang Pemakai Softlens A

Membaca buku atau menonton televisi hingga tertidur merupakan hal yang lumrah, bahkan bagi pengguna kacamata sekalipun. Softlens, sayangnya, tidaklah disarankan untuk tetap dikenakan ketika tidur. Sama halnya dengan memakai softlens terlalu lama, softlens yang tetap melekat pada mata saat Anda tidur juga dapat menghalangi aliran oksigen untuk kornea mata.

Selain saat tidur, softlens sebaiknya juga dilepas pada saat melakukan kegiatan air seperti mandi atau berenang. Lepaskan softlens Anda agar tidak terpapar bakteri yang banyak terdapat dalam air dan berpotensi menimbulkan infeksi. Kandungan zat kimia dan parasit dalam air kolam renang juga berbahaya bagi kebersihan softlens dan kesehatan mata Anda.

Saat memakai softlens, Ladies sebisa mungkin menghindari tempat-tempat berdebu agar tidak menempel pada softlens dan meninbulkan iritasi mata nantinya. Jika terpaksa, kenakan pelindung seperti kacamata tanpa lensa untuk melindungi mata dan softlens Anda agar tidak terpapar debu. Tentu saja, Anda juga harus membersihkan softlens di akhir hari. Sebagai pemakai softlens, Anda harus memiliki solution khusus untuk membersihkan softlens. Cairan tersebut sebaiknya senantiasa Anda bawa saat bepergian maupun beraktivitas di luar ruangan. Jangan sekali-kali membersihkan softlens dengan air biasa ya Vems!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR