Jenis Penyakit saat Musim Hujan Ini Jangan Dianggap Remeh

Jenis Penyakit saat Musim Hujan Ini Jangan Dianggap Remeh

7
0
BAGIKAN

Akhirnya musim hujan tiba, yay! Dan bersamaan dengan ribuan berkah yang ada di dalamnya, tidak bisa dipungkiri bahwa musim hujan juga menjadi musimnya bibit penyakit bermunculan. Di tengah-tengah udara yang dingin dengan curah hujan yang deras seperti saat ini, gejala flu berupa bersin-bersin, masuk angin, dan batuk jadi semakin umum ditemukan.

Tapi kalau Anda menganggap penyakit flu hanyalah satu-satunya penyakit yang harus dihadapi, Anda salah besar Vems. Karena selain flu, ternyata ada beberapa jenis penyakit yang wajib diwaspadai. Karena walaupun terdengar sepele, beberapa penyakit ini bisa berubah cukup fatal lho. Seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”, inilah jenis penyakit musim hujan yang sebaiknya diwaspadai mulai dari sekarang.

Demam Berdarah

Semenjak kemunculannya, penyakit Demam Berdarah sudah merenggut banyak nyawa dengan mayoritas korban berusia anak-anak. Penyakit ini seringkali diasosiasikan dengan nyamuk Aedes Aegypty, walaupun sebenarnya nyamuk tersebut hanya berperan sebagai inang dan medium penularan. Sedangkan biang kerok sebenarnya dari penyakit ini adalah virus Dengue  yang juga memiliki kekerabatan dengan virus penyebab demam kuning dan infeksi West Nile.

Seseorang yang terinfeksi virus ini mengalami demam tinggi dan disertai dengan sakit kepala parah. Penderita juga mengalami rasa sakit pada bagian persendian, gampang merasa kelelahan, mual hingga muntah. Gejala yang paling umum dari infeksi demam berdarah adalah munculnya bintik-bintik merah yang tidak terasa gatal di sekujur tubuh penderita. But then again, gejala ini nampaknya tidak terjadi pada sebagian kecil orang.

Apabila penderita tidak segera mendapatkan pertolongan medis, besar kemungkinan infeksi tersebut jadi semakin parah dan mengakibatkan komplikasi pendarahan yaitu Dengue Shock Syndrome (DSS). DSS inilah yang bisa mengakibatkan penderita demam berdarah kehilangan nyawanya.

Jenis Penyakit saat Musim Hujan Ini Jangan Dianggap Remeh -a

Kolera

Satu lagi jenis monsoon disease yang fatal jika diabaikan saja, yaitu penyakit kolera. Penyakit ini sudah sangat jarang ditemukan di area pemukiman modern, tapi masih sering muncul di area konflik atau pemukiman kumuh. Kolera disebabkan oleh infeksi bakteri Vibrio Cholerae yang hidup di dalam air atau pada makanan yang terkontaminasi oleh kotoran.

Ketika bakteri tersebut menginfeksi tubuh, penderita akan mengalami diare parah yang diperparah dengan muntah-muntah hingga mempercepat dehidrasi. Seseorang yang sebelumnya sehat bisa terancam nyawanya dalam waktu hitungan jam setelah terinfeksi penyakit ini. Seseorang yang menderita kolera wajib memperoleh pertolongan dengan segera, salah satunya adalah dengan upaya rehydration.

Untungnya, penyakit kolera sangat mudah untuk diatasi. Mulai dari kebiasaan mencuci tangan setelah berada di luar, dan jangan lupa mengkonsumsi makanan dan minuman yang memenuhi standart kebersihan.

Yuk, makin tingkatkan kewaspadaan kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR