Mau Tahu Diet Paling Populer Sepanjang Tahun 2017?

Mau Tahu Diet Paling Populer Sepanjang Tahun 2017?

8
0
BAGIKAN
Mau Tahu Diet Paling Populer Sepanjang Tahun 2017?-cover

Jika dulu kata “diet” hanya identik dengan aktivitas dengan orang yang overweight, sekarang diet sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Which is a great thing! Apalagi mengingat manfaat dari diet yang memang sangat baik untuk kesehatan. Nah, tahukah Anda kalau di Amerika Serikat saja sebanyak 45 juta orang pernah mencoba paling tidak satu jenis diet. Penelitian ini dilakukan oleh institut kesehatan Boston Medical Center.

Ditambah lagi dengan adanya puluhan atau bahkan ratusan jenis diet yang bermunculan tiap tahunnya. Terutama di tahun 2017 ini, ada beberapa jenis diet yang menarik peminat dalam jumlah yang cukup besar. Sedang bingung mencari jenis diet yang paling cocok untuk Anda? Siapa tahu salah satu dari tren diet 2017 inilah yang Anda cari-cari.

Vegetarian Diet

Jenis diet satu ini pasti sudah tak terdengar asing di telinga Anda kan, Vems? Kebanyakan orang mengira bahwa seorang penganut diet vegetarian berarti hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan saja. Memang benar seorang vegetarian umumnya menghindari konsumsi daging, tapi bukan berarti mereka total dalam menghindari produk hewani lho.

Diet vegetarian sebenarnya terbagi atas beberapa kategori, mulai dari lacto-vegetarian, fruitarian vegetarian, lacto-ovo vegetarian, pesco-vegetarian dan lain sebagainya. Penganut lacto-vegetarian umumnya hanya mengkonsumsi hidangan susu beserta dengan olahan turunannya. Sedangkan lacto-ovo vegetarian mengkonsumsi produk susu dan telur, tipe vegetarian ini yang paling sering ditemukan.

Fruitarian vegetarian justru menghindari sayuran dan buah-buahan yang dipetik dan hanya mengkonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan yang jatuh dari pohonnya.  Sedangkan pesco-vegetarian umumnya hanya mengkonsumsi satu jenis daging yaitu daging ikan dan menghindari jenis daging hewan ternak lainnya.

Mau Tahu Diet Paling Populer Sepanjang Tahun 2017?-a

Vegan

Nah, gaya hidup vegan bisa dibilang merupakan versi ekstrim dari gaya hidup vegetarian. Kaum vegan umumnya hanya mengkonsumsi produk nabati dan totalitas dalam menghindari produk hewani. Biasanya penganut gaya diet ini tidak hanya termotivasi dengan memiliki gaya hidup sehat saja, tapi juga lebih condong pada nilai filosofi dimana manusia tidak seharusnya menyantap makanan yang dihasilkan dari membunuh hewan.

Diet Ketogenik

Jenis diet satu ini tergolong unik karena penganut gaya diet ini justru disarankan untuk mengurangi karbohidrat dan sebagai gantinya meningkatkan asupan lemak. Eits, tapi lemak yang dimaksud di sini adalah jenis asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda ingin melakukan diet ini, Anda akan disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan dengan kandungan asam lemak seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

Hanya saja, jenis diet ini juga mengandung resiko yang wajib diperhitungkan. Penderita Diabetes 1 sangat tidak disarankan untuk menjalankan diet ini. Alasannya karena jenis diet ini dapat mengakibatkan kondisi medis yang disebut dengan ketoacidosis yang dapat berujung pada kematian.

Ada baiknya Anda turut mendiskusikannya dengan dokter gizi Anda, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR