Kirab Budaya Kahiyang – Bobby Semeriah Pesta Rakyat

Kirab Budaya Kahiyang – Bobby Semeriah Pesta Rakyat

20
0
BAGIKAN
Kirab Budaya Kahiyang – Bobby Semeriah Pesta Rakyat-cover

Minggu lalu, rangkaian acara adat Mandailing telah sukses dilaksanakan. Dalam salah satu acaranya yaitu Mangalehan Marga, Kahiyang Ayu memperoleh nama marga dari sisi ibu Bobby menjadi Kahiyang Ayu Siregar. Dan dengan usainya acara tersebut menandakan Kahiyang Ayu resmi menjadi bagian dari keluarga Siregar.

Dan apakah kemeriahan pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby berhenti di situ? Well, of course not! Karena setelah menjalani prosesi adat pemberian nama marga, prosesi yang dilalui oleh newly-weds ini adalah ritual Pulungan Ni Horja dan Manyatan Gordang yang dilakukan di hari Jumat tanggal 24 November kemarin.

Kirab Budaya Kahiyang – Bobby Semeriah Pesta Rakyat-a

Nama ritual Pulungan Ni Horja dan Manyatan Gordang mungkin terdengar asing bagi ladies yang bukan berasal dari provinsi Sumatera Utara. Pulungan Ni Horja merupakan ritual penyembelihan seekor kerbau yang disediakan oleh tetua adat, yang dilakukan sebagai syarat dimulainya pesta adat. Sedangkan Manyatan Gordang dimulai ketika raja Mandailing menabuh alat musik pukul tradisional yaitu Gordang Sambilan.

Dengan ditabuhnya alat musik tersebut, maka dimulailah pesta adat pernikahan yang berlangsung sangat meriah. Ada berbagai macam rangkaian entertainment yang ditampilkan, termasuk di dalamnya adalah seni tari Tor-Tor. Bahkan, keluarga bapak Presiden Jokowi pun ikut melakukan prosesi manortor, atau menari Tor-Tor lho. Bayangkan kemeriahannya, Vems!

Kirab Budaya Kahiyang – Bobby Semeriah Pesta Rakyat-b

Dan barulah pada hari Minggu kemarin, tepatnya pada tanggal 26 November prosesi kirab budaya. Dalam acara tersebut, pasangan Kahiyang – Bobby beserta dengan keluarga diarak berkeliling kota Medan dengan menggunakan kereta kuda yang dihias dengan ornamen berwarna-warni. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh para peserta pawai yang mengenakan berbagai macam kostum busana daerah yang mengendarai kereta delman berjumlah 18 unit serta 50 unit becak bermotor.

Peserta kirab budaya menempuh jalur pawai dengan jarak sekitar 2 kilometer. Start line dari pawai tersebut dimulai dari gedung Medan International Convention Center yang terletak di Jl. Gagak Hitam Medan, dengan tujuan akhir rumah orangtua mempelai pria di Kompleks Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi. Dan sepanjang jalur, para warga kota berkumpul untuk melihat langsung perayaan pernikahan pemimpin nomor 1 di Indonesia ini.

Kirab Budaya Kahiyang – Bobby Semeriah Pesta Rakyat-c

Demi kelancaran acara, bahkan kabarnya partisipan pengemudi becak motor sebanyak 50 orang diwajibkan untuk melalui tes kesehatan, pemeriksaan izin mengemudi yang semuanya dilakukan oleh satuan kepolisian Medan di bawah pimpinan Kapolda Irjel Polisi Paulus Waterpauw. Para pengemudi tersebut juga diwajibkan untuk melakukan tes urine. Jika ada dari mereka yang mengkonsumsi minuman keras, maka mereka tidak diperbolehkan untuk ikut pawai.

Benar-benar terasa seperti karnaval rakyat ya, Vems?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR