Ketika Tidur Terlalu Banyak Pun Berbahaya Untuk Anda

Ketika Tidur Terlalu Banyak Pun Berbahaya Untuk Anda

10
0
BAGIKAN
Ketika Tidur Terlalu Banyak Pun Berbahaya Untuk Anda-cover

Kesibukan kerja yang padat, apalagi ditambah dengan lembur yang terlalu sering pastinya akan memangkas waktu tidur Anda. Akibatnya Anda jadi sleep deprived yang pada akhirnya berdampak pada kondisi mood dan kekebalan tubuh Anda. Ketika liburan tiba, dimulailah aksi tidur balas dendam dimana Anda tidur lebih dari 8 jam dalam rangka untuk membayar hutang-hutang tidur Anda selama seminggu penuh. Kita semua tahu dampak negatif dari kurang tidur, tapi terlalu sering tidur pun tak kalah berbahaya lho, ladies.

Efek terlalu banyak tidur ternyata tidak hanya sebatas sakit kepala saja, lho. Kemampuan otak dalam mengolah informasi pun melambat jika dibandingkan jika Anda tidur dan bangun tepat waktu. Penelitian tentang ini sudah pernah dilaksanakan oleh sekelompok peneliti yang mengamati aktivitas otak antara orang yang tidur selama 7-8 jam yang kemudian dibandingkan dengan orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam. The result was surprising.

Peneliti mendapati bahwa kerja otak cenderung menurun pada orang-orang yang tidur dalam durasi di atas 8 jam. Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh orang-orang yang menderita insomnia. So in other words, jika Anda tidur lebih dari 9 jam dapat memberikan pengaruh buruk yang tak jauh beda jika dibandingkan dengan saat Anda lembur hingga larut malam. Apabila kebiasaan tidur terlalu lama tersebut dibiarkan saja, resiko terserang penyakit pikun seperti Alzheimer dan Dementia pun akan semakin besar terjadi nantinya.

Ketika Tidur Terlalu Banyak Pun Berbahaya Untuk Anda-a

Tidur terlalu sering juga dapat mengakibatkan meningkatnya hormon kortisol lho, Vems. Produksi hormon kortisol yang berlebihan dapat membuat pikiran Anda terus dalam keadaan tegang. Mood Anda jadi tidak terkontrol dimana Anda jadi gampang sekali marah. Kondisi psikis seperti itu jika dibiarkan terus-menerus akan berdampak pada kesehatan mental Anda.

Bahkan berdasarkan studi ganda yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Oxford menyatakan bahwa terlalu lama tidur memiliki dampak meningkatnya gejala depresi turunan. Selain itu, studi lain dari institut pendidikan yang sama juga menyatakan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 10 jam mengalami penurunan kesehatan mental dibandingkan dengan orang-orang yang tidur dengan durasi beristirahat yang normal.

Aktivitas tidur yang terlalu lama juga dapat mengekspos Anda pada bahaya penyakit diabetes tipe 2 akibat insulin resistance. Seseorang yang terkena resistansi insulin memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi sebagai akibat dari ketidakmampuan hormon insulin dalam menyerap dan memproses zat gula. Kekacauan produksi hormon insulin tersebut nampaknya salah satunya disebabkan oleh pola tidur yang kacau.

Mulai sekarang, yuk biasakan pola tidur sehat 7-8 jam.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR