Manfaat Susu Ternyata Tak Berhenti di Usia Kanak-Kanak

Manfaat Susu Ternyata Tak Berhenti di Usia Kanak-Kanak

3
0
BAGIKAN

Saat kecil pastinya Anda juga sangat sering diperintahkan oleh orangtua dan guru Anda untuk mengkonsumsi susu. Susu, terutama susu sapi, memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang saat Anda menginjak usia kanak-kanak. Karena memang saat Anda kecil Anda masih berada dalam masa pertumbuhan. Dan walaupun susu terbukti tidak dapat membuat Anda tumbuh lebih tinggi tapi memang kandungan kalsium dalam susu sangat dibutuhkan untuk menguatkan tulang Anda. Dan sekarang setelah Anda dewasa, masihkah Anda butuh untuk minum susu?

Sebenarnya tidak wajib sih, Vems. Apalagi saat ini banyak ladies yang prefer untuk menggunakan susu sapi sebagai metode perawatan kulit. Tapi sebenarnya, manfaat mengkonsumsi susu sapi segar masih bisa Anda rasakan bahkan setelah Anda menginjak usia dewasa, lho. Kenapa sih meminum susu sebaiknya tetap dilakukan?

Karena justru di usia Anda yang semakin bertambah ini, kepadatan tulang Anda nantinya akan semakin terkikis terutama saat Anda memasuki masa menopause kelak. Kekurangan kalsium pada tulang bisa mengakibatkan gigi dan tulang Anda jadi gampang keropos. Penyakit seperti osteoporosis atau penyakit pengikisan tulang lainnya bisa ditanggulangi dengan mencukupi kebutuhan kalsium. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu.

Manfaat Susu Ternyata Tak Berhenti di Usia Kanak-Kanak-a

Tak hanya kalsium, susu juga mengandung zat potasium yang sangat berguna untuk membantu mengontrol tekanan darah Anda. Tapi, Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan sodium atau garam yang tinggi lho.

 Tapi hati-hati dalam mengkonsumsi susu ya. Karena usia 20 tahun ke atas adalah usia dimana mudah sekali terjadi penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Jadi jika Anda khawatir dengan kadar kolesterol Anda, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter gizi sebelum meningkatkan konsumsi susu sapi.

 Susu juga kaya akan vitamin D, lho. Kandungan vitamin D yang ada di dalam susu dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin, yang berperan untuk membantu memperbaiki mood, meningkatkan nafsu  makan, serta membantu agar tidur Anda jadi lebih lelap. Kekurangan vitamin D tidak hanya berdampak pada kesehatan tulang dan kekebalan tubuh, tapi juga dapat mengakibatkan Anda terserang depresi lho. Selain dari susu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari jenis makanan ikan-ikanan, sayuran segar berwarna hijau, dan kacang-kacangan.

Buat Anda yang ingin membangun otot, konsumsi susu setelah workout sangat disarankan lho. Pasalnya susu sapi merupakan sumber protein yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otot. Protein itu nantinya akan dipecah oleh tubuh menjadi asam amino yang diedarkan oleh darah. Nantinya otot akan menyerap asam amino tersebut untuk mempercepat perbaikan sel dan jaringan otot yang rusak.

Jadi, masih malas minum susu?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR