Kram Otot Setelah Olahraga; Wajibkah Diwaspadai?

Kram Otot Setelah Olahraga; Wajibkah Diwaspadai?

2
0
BAGIKAN

Olahraga adalah kegiatan fisik yang sangat disarankan apabila Anda ingin memiliki jasmani yang sehat. Olahraga tak hanya dapat membantu membakar cadangan lemak berlebih di dalam tubuh, tapi juga sekaligus untuk melatih membentuk dan memperkuat otot-otot tubuh. Otot tubuh yang kuat otomatis membantu mempercepat sistem metabolisme tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi jika ladies ingin tubuh yang fit, jangan lupa juga untuk melatih otot Anda.

Hanya saja ketika Anda melakukan program olahraga yang baru atau berolahraga dalam waktu yang lama, keesokan harinya Anda akan dikejutkan dengan sensasi kram yang menusuk pada bagian tubuh kaki atau tangan Anda. Pastinya kram tersebut mengakibatkan Anda merasa tidak nyaman ya? Anda bahkan mungkin merasa takut bahwa kram otot tersebut disebabkan oleh cedera akibat terlalu lama berolahraga. Benarkah demikian?

Kram otot yang Anda rasakan setelah Anda berolahraga berat sehari sebelumnya dalam bahasa kedokteran dikenal dengan istilah Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS). Dan Anda paling tidak dapat bernapas lega, Vems. Alasannya DOMS sebenarnya merupakan efek samping yang sangat alami dari muscle-building.

DOMS terjadi ketika terdapat sobekan ringan pada urat otot yang umumnya terjadi setelah Anda melakukan kegiatan olahraga yang cukup berat, atau ketika Anda melakukan jenis olahraga yang berbeda dari regime olahraga yang biasa Anda lakukan.

Kram Otot Setelah Olahraga; Wajibkah Diwaspadai?-a

Tapi, tubuh kita memang sangat luar biasa Vems. Tubuh manusia secara alami akan mengalami penyesuaian diri sehingga saat sobekan otot tersebut sembuh, jaringan otot yang baru akan jauh lebih kuat. Hasilnya bisa Anda rasakan sendiri. Ketika Anda melakukan rutinitas olahraga yang sama, gejala DOMS tidak lagi muncul. Hal tersebut terjadi karena otot tubuh Anda telah menyesuaikan diri dengan sempurna untuk mendukung aktivitas olahraga Anda.

Walaupun pemicu DOMS terjadi karena ada robekan mikroskopik pada otot tubuh, DOMS bukanlah jenis dari cedera. Dan jangan sampai Anda jadi patah semangat atau jera hanya karena kram otot tersebut. DOMS umumnya muncul sehari atau dua hari setelah Anda berolahraga, dan  berlangsung selama 3 hingga 5 hari, bergantung dari seberapa berat jenis olahraga yang Anda lakukan.

Dan karena DOMS adalah gejala yang normal, Anda tidak perlu menghubungi dokter untuk menyembuhkan kram otot ini. Tapi jika kram otot tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, maka Anda dapat menggunakan krim atau mengompres kaki dan tangan Anda dengan kantong es batu untuk meringankan gejalanya. Segeralah memeriksakan diri ke dokter apabila  Anda mengalami pembengkakan di bagian kaki atau tangan yang kram dan urine Anda berubah menjadi gelap.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR