Ini Alasan Kenapa Olahraga Yoga Baik untuk Jantung

Ini Alasan Kenapa Olahraga Yoga Baik untuk Jantung

2
0
BAGIKAN
Ini Alasan Kenapa Olahraga Yoga Baik untuk Jantung-cover

Ini pasti bukan pertama kalinya Anda membaca tentang berbagai macam manfaat yoga. Walaupun olahraga ini tergolong ke dalam olahraga yang kuno, tren berolahraga yoga baru marak terdengar beberapa tahun belakangan ini.  Alasan pertama dari populernya olahraga yoga antara lain adalah karena olahraga ini sangat sederhana dan Anda bisa melakukannya hampir dimanapun Anda berada. Peralatan yang diperlukan pun hanyalah pakaian yang nyaman dan karpet yoga.

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa ternyata olahraga yoga bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung lho. Mengingat kehidupan masyarakat modern yang sering kali tidak sehat, tidaklah heran jika penyakit serangan jantung menduduki peringkat pertama di dalam daftar penyakit penyebab Kematian. Bagaimana gerakan-gerakan yoga bisa membantu menghindarkan Anda dari resiko serangan jantung?

Pusat dari olahraga ini adalah untuk mengatur pernapasan dengan cara relaksasi sehingga manfaat langsungnya dapat langsung dirasakan dengan turunnya tekanan darah. Tekanan darah yang lebih seimbang secara otomatis membantu menenangkan otot-otot jantung sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Tubuh Anda pun akan terasa lebih segar dan pikiran pun akan menjadi lebih jernih.

Setelah tahu secara singkat manfaat dari olahraga yoga ini, tidakkah Anda jadi ingin melakukan yoga? Dalam yoga ada banyak sekali pose yang masing-masing menyimpan manfaat untuk kesehatan, termasuk di dalamnya untuk kesehatan jantung. Pose yoga yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan yoga antara lain:

Ini Alasan Kenapa Olahraga Yoga Baik untuk Jantung-a

Pose Tadasana

Pose yang juga disebut dengan Mountain Pose ini memiliki manfaat dalam melenturkan otot-otot tubuh dan juga membantu memperkuat otot-otot jantung Anda.

Ini Alasan Kenapa Olahraga Yoga Baik untuk Jantung-b

Pose Vrikshasana

Pose Vrikshasana adalah pose yang dapat membantu untuk menenangkan pikiran Anda. Hubungannya dengan jantung? Ketika pikiran Anda tenang, maka dengan sendirinya tekanan darah Anda akan menurun, sehingga detak jantung Anda pun akan jadi lebih teratur.

Ini Alasan Kenapa Olahraga Yoga Baik untuk Jantung-c

Pose Trikonasana

Pose Trikonasana adalah pose yoga yang berfungsi untuk memperlancar sistem kardiovaskular Anda. Saat Anda melakukan gerakan ini, Anda akan diharuskan untuk mengatur pernapasan Anda dengan pernapasan dalam. Hasilnya, pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh pun semakin banyak dan jantung pun menjadi lebih kuat dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Nah, demikianlah 3 pose yoga yang Vemine sarankan untuk Anda. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan alami penguat jantung ya. Selamat menjalankan gaya hidup sehat.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR