Waspadai 3 Jenis Pembohong Ini

Waspadai 3 Jenis Pembohong Ini

9
0
BAGIKAN
Waspadai 3 Jenis Pembohong Ini-cover

Berbohong bisa jadi sebagai salah satu metode self-defense yang umumnya dilakukan oleh anak-anak kecil, tujuannya adalah agar mereka terhindar dari masalah. Namun sering kali kebiasaan berbohong tersebut kemudian terus terbawa hingga mereka dewasa. Dan tahu sendiri kan apa akibat yang ditimbulkan oleh kebiasaan berbohong? Orang yang sering berbohong umumnya tidak akan dipercaya orang, dan lebih dari itu, kehidupan sosial dan asmaranya pun menjadi rusak.

Dan tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak jenis pembohong di tengah-tengah masyarakat? Mengidentifikasi jenis-jenis pembohong tersebut bisa membantu Anda untuk menyikapi interaksi dengan mereka. Atau bahkan, dengan membaca artikel ini Anda bisa menyadari seberapa jauh kebiasaan Anda berbohong sehingga membuka pintu untuk perbaikan diri? Karena akuilah, we all lies in different way. Dari jenis-jenis pembohong berikut ini, manakah yang paling sering ladies temui?

Sociopathic Liar

Memanipulasi kebenaran adalah salah satu ciri khas utama dari seseorang yang mengidap gangguan kepribadian sociopath. Seorang sociopath dikenal sebagai seseorang yang charming dan dihormati oleh banyak orang. Dan tidak banyak yang menyadari bahwa orang tersebut sangatlah handal dalam berbohong, dan itu dilakukan agar ia mendapatkan hal yang ia inginkan.

Saat ia berbohong, seorang sociopath tak akan dihinggapi oleh rasa bersalah dan bahkan ia tidak memikirkan dampak dari kebohongannya berpengaruh terhadap orang lain. Karena bagi ia, dia dan ambisinya lah yang terpenting di dunia ini. Jika Anda menyadari bahwa Anda saat ini sedang berteman atau bahkan memiliki hubungan asmara dengan sociopath, hanya satu saran dari Vemine. Run for your dear life!

Waspadai 3 Jenis Pembohong Ini-a

Compulsive Liar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa keadaan dimana seorang anak dibesarkan dalam lingkungan yang memaksanya untuk terus berbohong demi menyelamatkannya dari amarah keluarga, misalnya ia tinggal bersama dengan ibu atau ayah yang akan abusive jika ia tidak melakukan hal yang mereka perintahkan.

Lama-kelamaan, mereka akan menjadi lebih nyaman dengan kebiasaan berbohong tersebut dan akan terus berbohong baik kebohongan besar maupun kebohongan kecil. Berbeda dari sociopath, seorang yang punya kebiasaan berbohong tidak melakukannya dengan motif untuk memanipulasi orang lain. Ia hanya melakukannya karena itu telah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan.

Careless Liar

Pernahkah Anda berurusan dengan seseorang yang berbohong dan Anda serta teman-teman lain mengetahui tentang kebohongan tersebut? Seorang careless liar sebenarnya tidak memiliki ‘bakat’ untuk berbohong karena hampir semua kebohongan yang dibuatnya terlihat jelas mengada-ada. Dibandingkan dengan 2 tipe pembohong sebelumnya, careless liar memang cenderung lebih ceroboh dalam berbohong. Baik careless liar dan compulsive liar sama-sama mengalami ketidakberuntungan akibat kebohongan yang mereka buat sendiri.

Semoga saja kita terhindar dari para pembohong ini ya, Vems. Dan tentu saja semoga kita bukan salah satu dari mereka.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR