Sadarkah Anda akan Bahaya Mengenakan Kontak Lens?

Sadarkah Anda akan Bahaya Mengenakan Kontak Lens?

5
0
BAGIKAN
Sadarkah Anda akan Bahaya Mengenakan Kontak Lens?-cover

Dalam perkembangan fashion, kehadiran kontak lens sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Soft lenses menawarkan kemudahan tidak hanya bagi Anda yang ingin tampil praktis tanpa mengenakan kacamata, tapi juga mewujudkan keinginan Anda untuk bereksperimen dengan warna iris mata yang berbeda-beda. Bahkan Anda juga bisa menyesuaikannya dengan outfits Anda lho.

Kemudahan dari kontak lensa memang membuat kita termanjakan. Tapi, mengenakan kontak lens berarti Anda harus siap dengan sikap disiplin dalam rutinitas membersihkan lensa kontak secara teratur. Selain itu Anda juga jangan sampai lupa untuk mencopot kontak lensa setelah beberapa jam pemakaian terutama saat Anda akan berangkat tidur. Kenapa? Karena jika Anda teledor, maka hal inilah yang bisa jadi akan menimpa Anda.

Iritasi pada Mata

Tertidur dengan mengenakan lensa kontak memang sangat jamak terjadi, karena lensa kontak yang ringan memang membuat Anda merasa seakan Anda tidak mengenakan kacamata. Tapi hal tersebut dapat mengakibatkan kornea mata Anda menjadi kering, gatal, dan jika Anda tidak sengaja menggosok mata maka lensa kontak tersebut akan menggores kornea mata Anda.

Alhasil, tidak hanya area sekitar mata Anda terasa kering, gatal dan memerah, tapi ada kalanya juga mata Anda terasa sangat perih. Jika hal ini terjadi segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan, ya!

Sadarkah Anda akan Bahaya Mengenakan Kontak Lens?-a

Pandangan Mata Menjadi Kabur

Bagi penderita mata minus, lensa kontak memang jadi penyelamat jika Anda enggan mengenakan kacamata. Tapi, penggunaan kontak lensa yang tidak hati-hati justru dapat mengakibatkan pandangan mata Anda jadi makin kabur lho Vems. Mata Anda juga akan jadi terasa sangat sensitif terhadap cahaya dan menimbulkan ketidaknyamanan. Hmmm, jangan sampai deh, ladies.

Borok Mata

Apabila gejala seperti pandangan mata terasa kabur dan mata terasa sakit terus dibiarkan, maka luka pada kornea mata akan mengakibatkan borok sebagai akibat dari infeksi mata. Munculnya borok tersebut ditandai dengan adanya noda berwarna abu-abu yang menghalangi pandangan mata Anda. Gejala yang menyertai sering kali berupa jarak pandang mata yang menjadi kabur hingga, dalam kasus yang ekstrim adalah kebutaan.

Ternyata, penggunaan lensa kontak yang berlebihan memang tidak dianjurkan Vems. Semua gejala di atas disebabkan karena lensa kontak menghalangi masuknya cairan air mata yang menjadi pelumas dan pemasok oksigen bagi kornea mata Anda. Itulah kenapa tidak dianjurkan untuk mengenakan lensa kontak lebih dari 8 jam. Jika Anda memiliki miopi atau rabun jauh, Anda masih tetap perlu membawa kacamata minus Vems. Semoga informasi ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR