Menyegarkan! Ini Manfaat Buah Leci terhadap Kesehatan

Menyegarkan! Ini Manfaat Buah Leci terhadap Kesehatan

5
0
BAGIKAN
Menyegarkan! Ini Manfaat Buah Leci terhadap Kesehatan-cover

Buah leci atau Litchi Chinensis adalah jenis buah beri yang sudah lama dikenal dengan rasanya yang manis menyegarkan. Buah leci juga memiliki aroma yang wangi dan menyegarkan, dan jauh sebelum tanaman ini ditanam di berbagai negara, buah leci hanya ditemukan di negara Cina dan telah menjadi bahan konsumsi rakyat Cina selama lebih dari 4,000 tahun yang lalu. Wah, siapa yang menyangka ternyata buah ini memiliki sejarah yang sedemikian panjang ya, Vems?

Selain memiliki aroma wangi yang unik, buah leci ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan lho. Gambaran singkat dari manfaat leci bisa dilihat dari kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam buah tersebut. Leci mengandung aneka macam vitamin seperti vitamin C dan vitamin B6. Selain itu buah ini juga mengandung berbagai macam senyawa lain, seperti niasin, riboflavin, folat, hingga serat dan protein. Jadi, apa saja nih manfaat yang bisa kita peroleh dari buah leci?

Melancarkan Pencernaan

Obviously, salah satu manfaat yang pasti kita dapatkan dari konsumsi leci adalah tercukupinya kandungan serat dan air. Alhasil, pencernaan kita pun semakin terjaga dan kita pun terhindar dari resiko gangguan pencernaan seperti konstipasi, diare, dan jenis gangguan pencernaan yang lain.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Musim pancaroba sudah tiba, dan di tengah-tengah cuaca yang tidak menentu ini sebaiknya Anda membekali diri dengan mengkonsumsi banyak buah leci. Seperti yang sudah Vemine jelaskan di atas, buah leci mengandung vitamin C yang berperan besar dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Menyegarkan! Ini Manfaat Buah Leci terhadap Kesehatan-a

Mencegah Kanker

Vitamin C memang dikenal sebagai salah satu zat antioksidan penangkal kanker yang paling kuat. Trus, bagaimana reaksi Anda jika ternyata ada senyawa kimia lain yang jauh lebih ampuh dibandingkan dengan vitamin C? Buah leci mengandung senyawa polyphenol yang dapat membantu membuang radikal bebas keluar dari tubuh sekaligus membentengi tubuh dari infeksi penyakit.

Mengontrol Tekanan Darah

Buat ladies yang memiliki tendensi terkena hipertensi, ada baiknya Anda banyak-banyak mengkonsumsi buah leci. Buah leci kaya akan potasium, dimana peran potasium adalah untuk membantu mencegah penyempitan pembuluh darah. Tak hanya itu, buah leci juga mengandung kadar sodium yang rendah. Which is a huge plus!

Tak ada salahnya nih rajin-rajin mengkonsumsi buah leci. Hanya saja, berhati-hatilah! Buah leci mengandung kadar fruktosa yang cukup tinggi, jika Anda mengkonsumsi buah leci terlalu berlebihan bisa-bisa Anda terpapar resiko diabetes, lho. Moderation is the key!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR