Tahu Perbedaan Antara Manager dan Pemimpin?

Tahu Perbedaan Antara Manager dan Pemimpin?

4
0
BAGIKAN
Tahu Perbedaan Antara Manager dan Pemimpin?-cover

Banyak orang mungkin menganggap bahwa begitu seseorang diangkat jadi manager, maka secara otomatis ia akan menjadi seorang leader. Well, kenyataannya manager dan pemimpin adalah 2 hal yang berbeda. Seorang manager gak selalu memiliki kualitas seorang leader, sedangkan seorang leader, well, ia tidak harus menduduki seorang manager. Pastinya penasaran dong dengan apa sih perbedaan antara pemimpin dan manager. Cari tahu jawabannya di sini, yuk.

1. Pemimpin Punya Jiwa Risk-Taker, Manager Punya Jiwa Risk-Averse

Salah satu sifat utama dari seorang pemimpin adalah, ia selalu membuka diri terhadap tantangan. Ia siap untuk mengambil tindakan beresiko, dengan keyakinan bahwa seringkali seseorang dapat belajar menjadi lebih baik dari kegagalan.

Sebaliknya, manager mengambil tindakan-tindakan yang sesuai untuk meminimalisir timbulnya resiko. Ia berusaha mencari solusi pemecahan masalah dengan kemungkinan terjadinya kerugian sesedikit mungkin. Ia juga berusaha sekuat tenaga agar kerugian sekecil apapun dapat ia kontrol dengan baik.

2. Pemimpin Haus Akan Pengetahuan Baru, Sedangkan Manajer Mengembangkan Ilmunya Yang Ada

Seorang pemimpin selalu memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Mereka selalu merasa excited ketika mereka dapat mempelajari hal-hal baru. To them, only the dead learn nothing new each day. Mereka juga selalu mencari narasumber berupa informasi maupun orang-orang berilmu untuk membuat pemikirannya semakin terbuka.

Sedikit berbeda dibandingkan dengan manajer, yang lebih suka menyempurnakan dan mengembangkan ilmu yang sudah ia miliki. Jangan heran jika kebanyakan manajer memiliki hanya satu atau dua ilmu, but they mastered them quite well!

Tahu Perbedaan Antara Manager dan Pemimpin?-a

3. Pemimpin Melatih Bawahannya, Sedangkan Manajer Mengarahkan

Seperti arti dari manager: orang yang mengatur, peran dari seorang manajer adalah untuk memberikan tugas kepada bawahannya sekaligus memberikan petunjuk pasti tentang bagaimana cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Berbeda dari seorang pemimpin yang lebih membebaskan pegawai bawahannya untuk mengeksplorasi berbagai macam kemungkinan. Mereka memiliki keyakinan yang kuat akan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh bawahan mereka, dan bahwa tidak ada jawaban yang ‘salah’ atau ‘benar’ dalam hal problem-solving. Mereka bisa menahan diri dengan baik untuk tidak mendikte karyawan mereka.

4. Pemimpin Memiliki Keunikan, Manager Cenderung Menjadi Copy

Seseorang yang benar-benar berjiwa kepemimpinan umumnya punya gaya unik dan merefleksikan diri mereka. Mereka nyaman dengan menjadi diri mereka sendiri, hingga jangan heran jika gaya kepemimpinan mereka terasa berbeda dibandingkan dengan pemegang pemerintahan sebelumnya.

Sedangkan manajer lebih suka untuk menganalisa gaya pemerintahan sebelumnya dan mengadopsi gaya memimpin yang mereka anggap sukses. Dalam gaya kepemimpinan mereka pun cenderung sama dengan gaya pemerintahan sebelumnya.

Ternyata, cukup banyak juga ya perbedaan antara manager dan leader? Tapi satu hal yang pasti, Vems. Anda bisa lho menjadi seorang manajer sekaligus memiliki jiwa seorang leader.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR