Aduh, Ternyata Ini Akibatnya Jika Mengenakan Lensa Kontak

Aduh, Ternyata Ini Akibatnya Jika Mengenakan Lensa Kontak

3
0
BAGIKAN

Contact lens, atau lensa kontak rasanya sudah tidak lagi jadi alat bantu melihat melainkan sudah termasuk ke dalam fashion item yang paling digemari oleh kebanyakan wanita. Selain jauh lebih praktis dibandingkan mengenakan kacamata, aneka varian warna iris yang beragam membuat mimpi Anda untuk memiliki warna mata selain warna cokelat pun jadi kenyataan. It’s just perfect! Dan melihat peminat dari lensa kontak yang makin bertambah dari tahun ke tahun rasanya gak mungkin kalau alat kecantikan satu ini akan membahayakan mata Anda?

Well, mungkin Anda sudah pernah membaca cerita-cerita horor yang menimpa pengguna lensa kontak. Tapi mungkin beberapa dari Anda tidak mempercayai pemberitaan tersebut dan menganggapnya sebagai hoax. Padahal, penelitian sudah membuktikan kalau ternyata mengenakan lensa kontak terlalu lama bisa mengakibatkan masalah kesehatan pada mata, lho. Penasaran? Simak terus ulasan artikel ini yuk.

1. Keratitis

Pernah mendengar istilah penyakit mata keratitis belum, Ladies? Keratitis adalah penyakit mata yang disebabkan adanya peradangan pada bagian kornea mata. Gejala dari keratitis antara lain adalah mata menjadi merah dan terasa perih. Selain itu penglihatan jadi buram, dan mata jadi terasa lebih sensitif terhadap cahaya. Mata juga terasa sangat berat, seakan-akan ada sesuatu yang masuk ke dalam mata.

Radang mata ini umumnya disebabkan oleh adanya luka pada bagian kornea mata yang kemudian terinfeksi oleh bakteri atau parasit yang terbawa masuk ke dalam mata. Luka tersebut bisa saja timbul pada pemasangan lensa kontak yang tidak tepat sehingga mengakibatkan goresan pada lapisan kornea mata. Mengenakan lensa kontak yang tidak dibersihkan dengan baik juga bisa menjadi sarana bagi bakteri penyebab infeksi untuk masuk ke dalam mata.

Kalau Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter Vems. Karena kalau tidak ditindaklanjuti, keratitis bisa mengakibatkan kebutaan, lho.

Aduh, Ternyata Ini Akibatnya Jika Mengenakan Lensa Kontak-a

2. Sindrom Mata Kering

Ladies pernah merasakan mata terasa kering dan sakit setelah menghabiskan waktu di depan komputer terlalu lama? Itu tanda kalau Anda terserang sindrom mata kering, Vems. Dan resiko Anda terkena sindrom tersebut jadi semakin meningkat jika Anda mengenakan lensa kontak.

You see, organ mata memerlukan pasokan oksigen sama seperti organ tubuh yang lain. Perbedaannya, pendistribusian oksigen tersebut hanya bisa didapat dari air mata yang memang akan membasahi mata Anda secara otomatis setiap beberapa menit.

Masalahnya, ketika Anda mengenakan lensa kontak, lensa tersebut menghalangi akses kornea terhadap air mata, sehingga kornea menjadi terasa kering dan gatal. Maka dari itu Anda sangat disarankan untuk tidak mengenakan lensa kontak lebih dari 8 jam, atau paling tidak memilih jenis lensa hard contanct lenses yang memungkinkan sejumlah oksigen mencapai kornea mata. Harganya tentu saja jauh lebih mahal dibandingkan dengan soft lenses, dan hard lenses hanya bisa didapat melalui dokter mata.

Sah-sah saja pakai lensa kontak, Vems. Tapi jangan sampai niat Anda untuk tampil lebih fashionable justru berbuah petaka, ya.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR