Gak Banyak Lho Yang Tahu 2 Masalah Kesehatan Wanita Ini

Gak Banyak Lho Yang Tahu 2 Masalah Kesehatan Wanita Ini

12
0
BAGIKAN
Gak Banyak Lho Yang Tahu 2 Masalah Kesehatan Wanita Ini-cover

Ladies pastinya sudah tahu berbagai macam jenis penyakit yang umum terjadi di kalangan kaum Hawa. Mulai dari penyakit kanker payudara, kanker serviks, penyakit jantung, name it! Hampir semua penyakit tersebut bersifat fatal dan yang jelas jadi momok yang menakutkan buat kita semua. Tapi tahu gak ladies? kalau ternyata masih ada jenis penyakit lain yang tidak kalah seriusnya, tapi ironisnya penyakit-penyakit ini sering luput dari perhatian kita.

1. Lupus

Bukan, Lupus di sini bukan si Lupus yang jadi childhood crush Anda saat Anda kecil. Lupus di sini adalah penyakit Lupus yang sama yang baru-baru ini dikabarkan menjangkiti Selena Gomez.

By definition, penyakit lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah sebuah penyakit autoimun kronis, atau penyakit yang disebabkan oleh sistem imunitas tubuh yang justru menyerang sel-sel tubuh sehat. Akibatnya sistem tubuh pun jadi terganggu, bahkan bisa mengakibatkan gangguan pada organ-organ vital lho.

Penyakit lupus memang masih terdengar asing di telinga kita. Dan itu hal yang sangat wajar, mengingat penyakit ini tergolong ke dalam penyakit yang langka. Diperkirakan lebih dari 16,000 orang di Amerika Serikat terkena penyakit Lupus, yang mana 90% dari korban berjenis kelamin perempuan.

Gak Banyak Lho Yang Tahu 2 Masalah Kesehatan Wanita Ini-a

Dan pada umumnya gejala Lupus muncul saat seorang perempuan menginjak usia puber (15 tahun) dan usia pre-menopause (45 tahun). Parahnya,  sampai saat ini belum ada penjelasan valid kenapa penyakti ini lebih banyak menyerang perempuan. Walaupun beberapa ahli medis mencurigai kalau faktor hormon menjadi salah satu penyebab utamanya.

Gejala lupus juga sangat beragam dan seringkali menyerupai gejala penyakit yang lain. Saking rumitnya, dokter bahkan membutuhkan waktu sekitar 5 tahun untuk mendiagnosis penderita Lupus, lho!

2. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Satu lagi jenis penyakit pada wanita yang gak boleh dianggap remeh adalah Polycystic Ovary Syndrome, atau Sindrom Ovarium Polikistik. Penyakit ini merupakan jenis penyakit hormonal yang disebabkan oleh berlebihannya produksi hormon pria (androgen) di dalam tubuh.

Normalnya, tubuh wanita memang memproduksi hormon androgen ini dalam jumlah yang sedikit. Akan tetapi pada wanita yang menderita PCOS, produksi hormon tersebut terjadi secara berlebihan dan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Penderita PCOS pada umumnya mengalami ketidakteraturan siklus menstruasi, produksi minyak wajah yang berlebihan , dan tumbuhnya rambut secara berlebihan di area wajah, kaki, dan tangan, dan timbulnya kista di dinding ovarium. Dalam kasus terburuk, sindrom ini bisa mengakibatkan seorang perempuan menjadi mandul.

Duh, semoga saja kita terhindar dari penyakit-penyakit di atas deh, Vems.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR