Mengganti Kopi dengan Kaldu Ternyata Menyehatkan

Mengganti Kopi dengan Kaldu Ternyata Menyehatkan

6
0
BAGIKAN
Mengganti Kopi dengan Kaldu Ternyata Menyehatkan-cover

Sepertinya, kopi memang punya daya tarik tersendiri. Wangi aromanya, lalu rasanya yang pahit namun nikmat, apalagi energi yang terasa mengalir menuju otak setelah kita meneguk kopi. Vemine bisa paham kalau Vems sangat menyukai kopi atau bahkan kecanduan. Tapi, pernah tidak, Anda sampaipada titik yang membuat Anda merasa kalau  kopi cuma sekedar penahan kantuk?

Jadi, seiring  Anda bertambah sering minum kopi, rasanya hanya seperti menahan ngantuk saja. Ngopi tidak lagi menjadi energy booster seperti dulu. Bahkan, jika dulu hanya minum secangkir kopi sehari, dan kini malah rutin dua cangkir kopi sehari. Seperti dilansir dari Women’s Health,  salah satu kontributor, Stephanie Eckelkamp, mencoba mengganti kopi dengan sesuatu yang cukup ekstrem. Jadi, ia ganti kebiasaan minum kopi dengan minum kaldu tulang.

Tapi, mengapa pilih kaldu? Nah, ada beberapa alasannya. Pertama, kaldu tulang mengandung protein yang lengkap dan juga kolagen. Di mana, kolagen punya banyak manfaat seperti membantu mengurangi nyeri saraf, hingga menguatkan rambut dan kuku, serta menyehatkan gusi. Jadi, untuk menggantikan kopi, kaldu memang lebih kental dan lebih baik dibandingkan teh herbal, lho.

Mengganti Kopi dengan Kaldu Ternyata Menyehatkan-a

Sekarang, juga sudah ada brand-brand yang menyediakan kaldu kemasan, bahkan ada yang dalam bentuk serbuk, jadi meminumnya tinggal menyeduh dengan air panas. Nah, kaldu-kaldu ini memang buat diminum untuk kesehatan. Tapi, kalau Anda mau membuat sendiri resep kaldu tulang untuk Anda minum, begitu juga bisa.

Contohnya Anda bisa memakai bahan seperti:

  • 2 buah wortel
  • 2 batang seledri
  • 1 bawang bombai ukuran sedang
  • 7 siung bawang putih
  • 3,5 ons tulang sapi
  • 2 lembar daun salam
  • Garam Kosher
  • Cuka apel namun ini opsional
  • Air

Caranya pun  mudah. Pertama, potong dan iris-iris bahan sayur dan bumbu, lalu Vems tinggal memasukkan semuanya ke dalam wadah panci. Isikan air hingga terendam semuanya, lalu rebus dengan api kecil selama 8-10 jam.

Saat sudah siap disajikan, saring isinya dan tuangkan semua airnya di dalam wadah terpisah. Nah, Anda bisa langsung meminumnya, atau simpan dalam wadah kaca untuk ditaruh di freezer. Kaldu dari freezer ini akan memiliki tekstur seperti jeli. Saat ingin meminumnya, Anda bisa menaruh jeli kaldu tersebut di dalam gelas lalu panaskan dengan microwave.

Atau, bisa juga Anda menaruhnya di panci kecil untuk dipanaskan di kompor lalu tuangkan ke dalam cangkir atau gelas, siap diminum. Nah, Vems yang penyuka kopi, penasaran tidak, nih, mencoba menggantinya dengan kaldu tulang?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR