Diet Karbo; Fad Diet Atau Bukan?

Diet Karbo; Fad Diet Atau Bukan?

2
0
BAGIKAN
Diet Karbo; Fad Diet Atau Bukan?-cover

Buat Anda yang sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan pasti paham benar rasa frustrasi ketika Anda tidak melihat progress yang menggembirakan dari program diet Anda. Easier to be said, dalam teorinya memang diet terdengar sangat gampang. Perbanyak asupan sayuran dan buah-buahan, hindari makanan manis, dan lain sebagainya.Tapi dalam prakteknya, ugh, pastinya banyak dari ladies di luar sana yang mengalami kesulitan.

Tiap orang memang punya kondisi tubuh dan membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda, dan seharusnya memang Anda wajib konsultasi dulu dengan ahli nutrisi buat menentukan jenis diet yang sesuai. Tapi sepertinya masih banyak nih ladies yang lebih suka mengeksplorasi diet-diet yang lagi kekinian di internet, salah satunya adalah diet karbo. Tapi masalahnya, diet karbo tuh termasuk fad diet atau bukan?

1. Diet Karbo Bisa Jadi Fad Diet, Kalau. . .

Anda tidak paham jenis karbohidrat mana yang harus Anda hilangkan. Definisi diet karbo adalah diet yang mewajibkan Anda untuk menghilangkan asupan karbohidrat dari dalam menu makanan Anda dan memperbanyak asupan makanan dengan kandungan protein dan lemak.

Nah masalahnya, karbohidrat adalah zat penghasil energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dan seringkali orang jadi salah kaprah, Vems. Banyak dari mereka yang langsung memotong total asupan karbohidrat dari makanan mereka. Akibatnya tubuh menjadi kaget karena tidak lagi mendapat asupan energi dan pada akhirnya menimbulkan gejala-gejala seperti sakit kepala, badan terasa lemas dan mudah lelah, sembelit, hingga diare.

Dampak lebih lanjutnya, diet karbohidrat dapat mengakibatkan gangguan pada penyerapan serat, vitamin dan mineral, hingga mengakibatkan pengeroposan tulang, sampai timbulnya penyakit pencernaan kronis. Makanya, Anda wajib tahu benar jenis karbohidrat mana nih yang harus  Anda hindari?

Diet Karbo; Fad Diet Atau Bukan?-a

2. Diet Karbo Bisa Jadi Bukan Fad Diet, Kalau. . .

Anda benar-benar tahu jenis karbohidrat yang harus Anda hindari. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada 2 jenis karbohidrat yang ada di dalam makanan Vems. Salah satunya adalah jenis karbohidrat kompleks yang umumnya ada secara alami di dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan susu.

Sedangkan jenis karbohidrat yang lain adalah karbohidrat sederhana, alias refined carbo. Jenis  karbohidrat ini seringkali ditemukan di dalam makanan hasil olahan pabrik, seperti nasi putih, pasta, roti, cake, dan makanan manis lainnya. Nah, yang wajib Anda hindari adalah jenis karbohidrat terakhir, yaitu karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh dan diubah menjadi lemak dibandingkan dengan karbohidrat kompleks. Penumpukan lemak dari zat glukosa inilah yang mengakibatkan berat badan Anda jadi bertambah.

Jadi, ingin diet karbo yang sehat? Jangan potong total asupan karbohidrat Anda. Justru, perbanyak konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks dan hindari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Hope this helps!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR