Jiwa Pemimpin Itu Ada di Dalam Diri Anda

Jiwa Pemimpin Itu Ada di Dalam Diri Anda

2
0
BAGIKAN

Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya lho berusaha mencetak generasi-generasi muda yang berjiwa kepemimpinan. Mulai dari berbagai macam seminar dan pelatihan kepemimpinan yang diikuti oleh ratusan orang, hingga berbagai macam buku bertemakan kepemimpinan yang menghias rak buku di toko buku. Yup, we are all dying to find our ideal leader. Banyak orang berusaha mati-matian untuk membuat diri mereka cocok menjadi seorang pemimpin. Tapi, tahu gak kalau ternyata ada sosok yang disebut natural-born leader.

Dari namanya sih, pastinya ladies sudah bisa menebak kalau seorang natural-born leader adalah seseorang yang punya benih bakat alami buat jadi seorang pemimpin. Yup, they were born with it! Hanya saja, seringkali mereka tidak menyadarinya. Padahal, dengan menyadari potensi tersembunyi mereka, mereka bisa mengasah jiwa kepemimpinan mereka lebih baik lagi lho. Nah, apakah ladies termasuk seorang natural-born leader? Ini tanda-tandanya.

1. Anda Memiliki Karakter Yang Kuat

Yup, you have this particular trait that people find rare nowadays. Yaitu integritas dan kejujuran. Masalah yang sering dihadapi oleh negara kita ini adalah kursi-kursi pemimpin diisi oleh orang-orang yang berkarakter lemah dan gampang tunduk pada tekanan orang lain.

Seorang pemimpin sejati akan dapat mempertahankan integritas dan kejujurannya, biarpun ia bekerja di tengah-tengah orang yang mengajaknya untuk mengambil keputusan yang melanggar moral atau melanggar hukum. Jika Anda sering berseteru dengan orang-orang karena keteguhan Anda, then congrats! Anda adalah orang yang berjiwa kepemimpinan!

2. Anda Tidak Haus Perhatian

Banyak orang berpikir kalau untuk menjadi pemimpin yang baik, mereka harus selalu jadi pusat perhatian. Padahal, kenyataannya gak begitu. True leader shares the spotlight, not hogging it. Ia akan memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang berjasa dan tidak keberatan jikapun apresiasi tersebut tidak diberikan padanya.

Jiwa Pemimpin Itu Ada di Dalam Diri Anda-a

3. Anda Berjiwa Optimis

Sangatlah gampang untuk berpikiran positif ketika semuanya dalam keadaan lancar dan stabil. Tapi bisakah Anda bersikap optimis saat Anda sedang diuji dengan kesulitan? Seseorang dengan bakat leadership yang alami selalu menjadi sumber energi positif yang dibutuhkan semua anggota tim saat mereka sedang down. Tak hanya menghibur tim dengan selera humor Anda, Anda juga fokus untuk membantu tim keluar dari masalah daripada mengeluh.

4. Sifat Empati Anda Tinggi

Hanya karena Anda berjiwa optimis, bukan berarti Anda mengabaikan teman kantor yang sedang dirundung oleh masalah. Anda akan menyediakan waktu barang sedikit saja untuk mendengarkan keluhan teman-teman Anda. Anda memperkenalkan kolega Anda sebagai manusia yang juga bisa merasakan bosan, marah, dan emosi negatif lainnya. And you help them to get through it.

Bagaimana, Vems? Adakah jiwa kepemimpinan itu di dalam diri Anda?

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR