Ternyata, Ini Alasan Seseorang Mudah Merasa Tersinggung

Ternyata, Ini Alasan Seseorang Mudah Merasa Tersinggung

34
0
BAGIKAN
Ternyata, Ini Alasan Seseorang Mudah Merasa Tersinggung-cover

Vems pasti pernah, kan, membaca kolom komentar di sosmed dan orang-orang berperang komen? Ada yang tak setuju dengan mereka, lalu dibalas, dan itu berlanjut sampai panjang. Atau yang lebih simple, pasti Anda punya teman yang kalau orang-orang bercanda dengannya, dia malah marah dan tersinggung. Yang lebih lucu, sekarang makin banyak orang yang “tersinggung” dengan sesuatu, bahkan meski hal itu tak merugikan mereka.

Contohnya saja, kawan Anda tiba-tiba saja mengkritik baju polka dot Anda karena menurutnya itu kuno dan tak pantas Anda kenakan. So sudden and no reason. Nah, sebenarnya, fenomena ini sudah umum terjadi, kok. Malah, kadang yang terjadi adalah seseorang terlalu sulit menerima kritik, sehingga dirinya mudah merasa tersinggung dan tak mau mempedulikan pendapat orang lain.

Lalu, sebenarnya apa, sih, yang membuat seseorang gampang merasa tersinggung?

Merasa punya hak

Tak sedikit, lho, orang yang merasa dunia ini sudah selayaknya menyanjung dirinya. Padahal, ia juga tak menyumbangkan achievement apa-apa untuk siapa pun. Jadi, ketika mengetahui ada orang lain yang tak sejalan dengannya, maka ia langsung tersinggung dan merasa diremehkan. Jangan begini, ya, ladies.

Terlalu sensitif

Memang ada orang yang secara alami seperti ini. Bisa juga ini karena trauma atau peristiwa di masa lalu. Namun, kalau tak bisa dikontrol maka terlalu sensitif itu tidak baik. Setiap perkataan orang dimasukkan ke hati, sampai rasanya ingin membalas dan membela diri kalau ada yang mengkritik. Bahkan, kadang bukan dia yang dimaksud, tapi jadi terasa begitu karena sikap yang terlalu perasa.

Ternyata, Ini Alasan Seseorang Mudah Merasa Tersinggung-a

Suka berdebat

Yes, pasti ada saja orang yang seperti ini dan mungkin dia berada di sekitar Anda. Bahkan, meski sebenarnya mereka tidak benar-benar tersinggung, tapi rasanya selalu ingin membalas dan berdebat dengan orang lain yang berbeda pendapat dengannya. Cuma ingin membuktikan bahwa mereka benar dan orang lain salah. Ini tak akan ada habisnya.

Berpikiran sempit

Nah, mungkin ini alasan utama kenapa kini banyak orang makin mudah tersinggung. Dengan semakin banyaknya informasi yang didapat tentang hal-hal kontroversial, semakin mereka merasa tersinggung sendiri karenanya. Mereka risih sendiri dan justru berpikiran sempit, hanya merasa pendapatnya yang paling benar. Tak ada pikiran untuk menggunakan perspektif orang lain dalam menyikapi sesuatu.

Acuh dan merasa penting

Orang yang tidak tahu dan tak mau tahu, it’s so dangerous. Sudah berpikir sempit, mereka pun tak peduli dengan dunia luar, karena tidak punya pemahaman yang mendalam. Akhirnya, orang-orang ini merasa dirinya penting dan begitu ada hal yang tak berjalan sesuai kemauan, rasanya ini “menyakiti” mereka. Ouch.

Nah, jadi, yang penting santai saja, ya, Vems, dalam menanggapi pendapat orang lain, biar menghindari rasa tersinggung.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR