Mencintai Tanpa Ingin Dicintai? Meet Akoiromantic!

Mencintai Tanpa Ingin Dicintai? Meet Akoiromantic!

10
0
BAGIKAN
.2303 Mencintai Tanpa Ingin Dicintai- Meet Akoiromantic! Cover

Saat kita jatuh cinta, pastinya kita ingin agar si dia mengetahui dan membalas perasaan kita, kan? Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada lho jenis orang yang cukup nyaman tanpa harus memusingkan tentang perasaan si lawan jenis.

No, kita tidak sedang berbicara tentang cinta petak umpet dimana Anda diam-diam memendam rasa pada seseorang. Kita berbicara tentang seseorang yang jatuh cinta pada orang lain, namun begitu orang yang mereka cintai membalas perasaan mereka, mereka langsung menarik diri dan tidak menginginkan hubungan asmara dalam bentuk apapun.

Rings a bell? Jika Anda merasa bahwa deskripsi singkat di atas cocok banget dengan Anda, maka bisa jadi Anda adalah seorang akoiromantic. Tapi, apa sih penyebab dari seseorang menjadi akoiromantic?

  • Trauma dari Hubungan Masa Lalu

Ever had a bad breakup, ladies? Seorang akoiromantic mungkin menyadari bahwa jatuh cinta memang terasa menyenangkan, sampai suatu ketika perasaan tersebut menghilang. Anda mungkin pernah mengalami kegagalan hubungan di masa lalu, dan kegagalan tersebut kemudian membuat Anda secara tak sadar mengasosiasikan sebuah hubungan asmara dengan perasaan terluka, dan Anda jadi takut untuk mencoba kembali menjalin hubungan cinta dengan orang lain.

Atau, bisa jadi Anda merupakan korban dari kekerasan di masa lalu, baik kekerasan seksual di masa kecil, atau kekerasan di dalam hubungan asmara. Anda jadi sulit mempercayai orang lain, dan menghindari hubungan dekat dengan orang lain, karena Anda takut bahwa semakin dekat Anda dengan seseorang, maka Anda akan semakin rawan terluka karenanya.

.2303 Mencintai Tanpa Ingin Dicintai- Meet Akoiromantic! (A)

  • Terlalu Banyak Melihat Contoh Hubungan Yang Buruk

Seseorang juga bisa menjadi akoiromantic karena gambaran tentang hubungan asmara yang ia tangkap sangat jauh dari kesan yang menyenangkan. Misalnya, bisa jadi Anda dibesarkan di tengah-tengah rumah tangga yang tidak harmonis. Ayah dan ibu Anda sering sekali terlibat cekcok, bahkan Anda juga menyaksikan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh satu pihak ke pihak yang lain.

Atau bisa juga Anda sering menyaksikan hubungan asmara yang dialami oleh teman-teman Anda, and let’s say most of them doesn’t end up well. Terlalu seringnya Anda menyaksikan hubungan asmara yang buruk tersebut secara tidak langsung membuat Anda membangun dinding yang sangat tinggi. You assume that relationships are all about tears, heartache, and bad breakup, and you want none of them.

Sekarang setelah Anda tahu penyebab Anda menjadi akoiromantic, apa yang sebaiknya dilakukan? Well, langkah yang terbaik sepertinya memang untuk memberikan waktu bagi hati Anda untuk pulih dari luka hati yang Anda alami. Dan di saat yang sama, tidak ada salahnya lho untuk belajar membuka hati dan percaya kepada orang-orang terdekat Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR