7 Manfaat Ajaib Saat Tubuh Berpuasa!

7 Manfaat Ajaib Saat Tubuh Berpuasa!

4
0
BAGIKAN
.2288 7 Manfaat Ajaib Saat Tubuh Berpuasa(cover)

Saat ini, semua umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa Ramadhan. Jika Anda termasuk orang yang saat ini menjalankan ibadah puasa tersebut, tahukah Anda bahwa puasa memiliki banyak sekali manfaat?.

Berbagai penelitian telah mengungkap adanya mukjizat puasa ditinjau dari perpekstif medis modern. Dalam penelitian ilmiah, tidak ditemukan efek merugikan dari puasa Ramadhan pada jantung, paru, hati, ginjal, mata, profil endokrin, hematologi dan fungsi neuropsikiatri.

Apa saja manfaat dari puasa tersebut? kali ini Vemine akan merangkumnya untuk Anda.

Menurunkan Berat Badan

.2288 7 Manfaat Ajaib Saat Tubuh Berpuasa(a)

Manfaat pertama yang akan Anda rasakan sudah pasti adalah penurunan berat badan, hal ini terkadi karena berkurangnya waktu makan Anda. namun, ini tidak terjadi pada semua orang, karena ada beberapa wanita yang mengalami kenaikan berat badan pasca berpuasa.

Meningkatnya Sistem Imun

Berbagai survei juga membuktikan bahwa berpuasa dapat meningkatkan tingkat ketahanan tubuh, juga melambatkan dan membatasi pertumbuhan tumor.

Pembaruan Sel

Berpuasa selama beberapa minggu dapat melindungi tubuh dan mendukung regenerasi sistem imun tubuh. Studi telah menyatakan bahwa berpuasa dapat mengaktifkan sel induk untuk memperbarui diri, juga membuang kotoran dari sel.

Peningkatan Kekebalan Tubuh

.2288 7 Manfaat Ajaib Saat Tubuh Berpuasa(b)

Penelitian menunjukkan ketika seorang berpuasa maka terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalami kenaikkan pesat.

Kondisi tersebutlah yang akhirnya akan memicu kekebalan tubuh meningkat dan menjauhkan serangan penyakit jantung.

Memperbaiki Kondisi Mental

Seorang peneliti diMoskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk skizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna.dan berbanding jauh dengan penderita yang tidak melakukan puasa.

Selain itu, berpuasa juga mampu mencegah penyakit alzheimer karena berpuasa akan memicu penurunan pada lemak trigliserida yang memicu alzheimer.

Jantung Lebih Sehat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berpuasa memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Saat berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL. Dan ini mengakibatkan efek yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Ginjal

Tidak hanya jantung, ginjal juga menjadi organ yang mengalami dampak dari berpuasa. Ginjal memiliki kegunaan untuk menyaring zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, maka ginjal akan berfungsi secara maksimal dan mengakibatkan dampak baik bagi kesehatan ginjal.

Nah, itulah beberapa manfaat dari berpuasa, jadi lebih semangat lagi ya, Ladies.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR