Hayo, Kebiasaan Tidur Ini Bisa Ganggu Kesehatan Otak, Lho

Hayo, Kebiasaan Tidur Ini Bisa Ganggu Kesehatan Otak, Lho

3
0
BAGIKAN

Ladies, kita semua tidak ada hal yang lebih melegakan selain membaringkan tubuh di atas kasur setelah melalui hari yang berat di kantor. Tidur adalah waktu yang sempurna bagi tubuh dan jiwa kita untuk beristirahat total. Saat Anda tidur, sel dan jaringan tubuh Anda akan mengalami regenerasi sehingga saat bangun tidur nanti, Anda akan merasa lebih segar. Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat membantu merawat kecantikan kita lho, ladies.

Tapi siapa yang menyangka kalau ternyata ada beberapa kebiasaan tidur yang tidak hanya bisa merugikan kesehatan, tetapi juga mengancam kesehatan otak Anda. Wah, wajib waspada nih, Vems. Apa saja sih kebiasaan tidur tersebut?

  • Jam Tidur Kurang

Anda kira tidur selama 3-4 jam setelah binge-watching drama Korea sudah cukup baik? Welp, think again! Setiap hari, manusia memerlukan jam tidur selama 7-8 jam, sedangkan jam tidur yang kurang dari itu dapat menimbulkan efek yang kurang sehat, baik untuk kesehatan jasmani maupun kesehatan otak Anda.

Saat jam tidur Anda terpotong, tubuh Anda akan langsung aktif memproduksi sejumlah hormon kortisol, alias hormon stres. Tidak hanya Anda jadi lebih mudah dilanda rasa cemas, Anda juga jadi gampang marah. Tekanan darah Anda pun jadi melonjak tinggi, sehingga jika Anda terus-terusan tidur dalam jangka waktu yang singkat, Anda akan semakin berisiko terkena penyakit jantung atau stroke!

Selain itu, Anda juga jadi susah banget berkonsentrasi. Alasannya adalah, karena otak Anda masih dalam keadaan lelah, sehingga gak heran jika Anda juga jadi lebih mudah lupa.

Hayo, Kebiasaan Tidur Ini Bisa Ganggu Kesehatan Otak, Lho-cover

  • Main Gadget Sebelum Tidur

Sebelum tidur, Anda hanya ingin chat barang beberapa menit dengan si dia, atau bertukar komentar seru dengan teman-teman medsos Anda. Sounds harmless, right? Tapi, jangan heran jika Anda mendadak jadi tidak mengantuk dan mengalami insomnia.

Pasalnya, pancaran sinar radiasi yang dikeluarkan oleh gadget Anda memiliki frekuensi yang pendek namun intens. Sehingga ketika radiasi tersebut menembus tubuh Anda, radiasi tersebut akan mengganggu produksi hormon melatonin, yang bertugas untuk memicu rasa mengantuk. Nah, supaya hobi gadget Anda gak menganggu aktivitas tidur Anda sebaiknya hentikan penggunaan gadget minimal 1 jam sebelum Anda berangkat tidur, Vems.

  • Tidur Dengan Kondisi Kamar Yang Berantakan

Memang menggoda sekali sih untuk langsung terjun ke atas tempat tidur dan langsung terlelap, terutama setelah Anda merasa letih habis bergelut dengan tugas-tugas kantor. Tapi, kondisi kamar yang berantakan dan sumpek ternyata bisa mempengaruhi kenyenyakan tidur Anda, lho. Jadi, tidak ada salahnya lho untuk menyempatkan merapikan kamar tidur Anda barang sejenak sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian tidur yang adem dan nyaman, ya.

Yuk mulai perbaiki kebiasaan tidur kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR