Bawaan Lemas dan Malas Saat Puasa? Ikuti Tips-Tips Ini, Yuk

Bawaan Lemas dan Malas Saat Puasa? Ikuti Tips-Tips Ini, Yuk

13
0
BAGIKAN

Wah, tanpa terasa kita sudah sampai di masa pertengahan puasa nih, Ladies. Bagaimana rutinitas puasa Anda? Hopefully, sampai saat ini Anda dapat menjalankan puasa dengan lancar tanpa ada halangan satupun. Jadi ingat nih saat baru menginjak minggu awal bulan puasa. Saat itu, tubuh memang belum beradaptasi dengan pola makan saat puasa, jadi gak heran jika kita masih sering merasa lemas hingga malas melakukan aktivitas apapun.

Gejala lemas yang kita alami adalah hal yang sangat normal kok, ladies. Alasannya adalah karena, selama puasa, kadar gula darah kita akan menurun. Hanya saja, dalam beberapa kasus kadar gula darah tersebut jadi anjlok di bawah kadar yang seharusnya, akibatnya tidak hanya membuat tubuh kita lemas, tapi juga bisa mengakibatkan kita terkena pusing kepala.

Dan sebenarnya, gejala lemas itu bisa kok diminimalisir, Ladies. Kuncinya ada pada makanan yang Anda santap saat sedang sahur. Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau oatmeal tidak hanya dapat membantu Anda kenyang lebih lama, tapi juga dapat menjaga kestabilan gula darah, sehingga kadar gula darah Anda tidak terlalu anjlok.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran saat sahur juga sangat disarankan, Ladies. Kandungan serat yang ada di dalam buah dan sayuran tersebut dapat membantu Anda agar tetap kenyang dan berenergi, sedangkan kandungan air di dalam makanan tersebut dapat membantu meningkatkan asupan air selama puasa sehingga Anda tidak mudah terkena dehidrasi.

.2285 Bawaan Lemas dan Malas Saat Puasa- Ikuti Tips-Tips Ini, Yuk (A)

Memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan kaya akan lemak HDL seperti alpukat, juga dapat membantu agar tubuh Anda lebih berenergi, dan di saat yang sama membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap seimbang.

Dan juga, sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan dengan kadar garam dan lemak yang tinggi. Garam dapat mengikat air, sehingga Anda akan menjadi lebih mudah haus. Sedangkan makanan dengan kadar lemak yang tinggi dapat memicu produksi hormon insulin yang berlebihan. Produksi hormon insulin dapat mempercepat penurunan kadar gula dalam darah, so be very careful, Vems!

Selain itu, jangan lupa untuk mengatur jadwal tidur Anda, Ladies. Memang sih, mengatur jadwal tidur saat puasa bisa sedikit merepotkan. Jika jam tidur Anda kurang, bisa dipastikan Anda akan bangun dengan kondisi tubuh yang lesu, apalagi jika sampai Anda tidur balas dendam. Bisa-bisa Anda terlihat seperti zombie. Nah, untuk mendapatkan tidur berkualitas selama puasa, tidur lebih awal memang lebih baik. Idealnya, segera setelah sholat tarawih, Anda langsung bersiap-siap untuk tidur. Sehingga Anda dapat bangun tepat waktu untuk sahur tanpa merasa harus menambah jatah tidur setelah sholat subuh.

Yuk, tetap produktif selama berpuasa!

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR